Cara Melakukan Screenshot Di MacBook Termudah

Cara Melakukan Screenshot Di MacBook Dengan Mudah


Ucivergo.com-Ada banyak hal yang mengharuskan Sobat untuk mengambil screenshot di layar monitor Sobat, misalnya untuk kebutuhan materi tugas atau pembelajaran di sekolah. Namun masih banyak juga pengguna MacBook yang belum mengerti cara mengambil screenshot di layar MacBook.Karena itulah pada artikel kali ini Admin menyajikan tutorial cara melakukan screenshot atau tangkap layar pada macbook.

Sebenarnya cara mengambil screenshot di MacBook sangatlah mudah, dan juga ada beberapa cara yang bisa sobat pilih untuk mengambil screenshot, cara yang Sobat pilih tergantung dari kebutuhan screenshot Sobat juga, seperti ingin screenshot tampilan full screen di MacBook atau sekedar ingin untuk screenshot bagian atau bahkan bagian tertentu dari tampilan layar MacBook tersebut.

cara screenshot layar macbook


Berikut adalah 3 cara untuk mengambil tangkapan layar di MacBook:

Mengambil tangkapan layar penuh di MacBook atau Full screen.

Untuk mengambil screenshot layar penuh pada macbook, tekan dan tahan tombol Shift, Command, dan 3 secara bersamaan, hingga thumbnail muncul di sudut layar, thumbnail dapat digunakan untuk melihat dan mengedit screenshot, atau jika Sobat tidak ingin mengedit , tunggu beberapa saat saja sampai screenshot otomatis langsung tersimpan di desktop.


Shift+Command+3


Mengambil tangkapan tampilan sebagian layar di MacBook.

Untuk mengambil tangkapan layar sebagian di MacBook, tekan dan tahan tombol Shift, Command, dan 4 secara bersamaan, lalu seret jendela bidik untuk memilih area layar untuk mengambil bidikan.

Untuk mengubah area yang dipilih, tekan dan tahan bilah spasi, sambil menyeret garis bidik. Untuk membatalkan pengambilan tangkapan layar, tekan tombol Esc (escape). Untuk mengambil tangkapan layar, lepaskan tombol mouse atau trackpad.


Shift+Command+4


Ambil Tangkapan Layar Windows atau Pada Daftar Menu di MacBook


Untuk mengambil tangkapan layar jendela atau menu di MacBook, Sobat bisa melakukan hal berikut:


  • Pertama, buka jendela atau menu yang ingin Sobat screenshot.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Shift, Command,4, dan Spasi secara bersamaan hingga penunjuk berubah menjadi ikon kamera .
  • Selanjutnya, untuk membatalkan tangkapan layar, tekan tombol Esc (escape). Klik jendela atau menu untuk mengambil snapshot.
  • Terakhir untuk mengecualikan bayangan jendela dari tangkapan layar, tekan dan tahan tombol Option sambil mengeklik. Jika tangkapan layar berhasil, gambar thumbnail akan muncul di sudut layar.


Shift+Command+4+Space


Untuk hasil screenshot di MacBook Secara default akan langsung disimpan di desktop dengan nama "Screenshot [tanggal] pada [waktu].png". Di MacOs Mojave atau versi lebih baru.Sobat dapat mengubah lokasi default untuk menyimpan tangkapan layar, dengan menggunakan menu opsi di app atau app Tangkapan Layar. atau Sobat juga dapat menyeret thumbnail ke folder atau dokumen.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url