Apakah SEO Worth It untuk Bisnis Kecil?

Apakah Pemasaran SEO Worth It untuk Bisnis Kecil pada tahun 2023?


Berpikir, apakah SEO layak untuk bisnis kecil?

Singkatnya, ya.

Ada banyak kebisingan dan hype tentang SEO.

Sementara beberapa pemasar bersumpah dengan itu, ada juga yang lebih suka menggunakan alternatif pemasaran digital lainnya.

SEO untuk Bisnis Kecil


Namun, ada beberapa faktor lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum mempekerjakan agen SEO. Dan, kami akan membahas semuanya dalam artikel ini.

Duduk dan bersantai, karena kita akan menyelam dalam dunia SEO dan mencari tahu apa itu sebenarnya.


Apakah layanan SEO layak?

Berapa biayanya?

Apa ROI yang diberikannya? dan, bagaimana Anda dapat memanfaatkannya sebaik mungkin?


Saya juga akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang menggunakan SEO untuk bisnis kecil.

Mari kita mulai dari dasar-dasarnya.


Apa itu SEO?

SEO atau Optimisasi Mesin Pencari adalah proses meningkatkan visibilitas situs web Anda di halaman peringkat mesin pencari.

Visibilitas Anda, dan oleh karena itu lalu lintas, meningkat saat Anda meraih peringkat lebih tinggi di halaman pencarian.

Bisnis kecil, yang sering kesulitan membangun kesadaran merek, dapat sangat mengambil keuntungan dari SEO.

Ini menjadi alat tidak hanya untuk membangun kesadaran merek dan kredibilitas tetapi juga membawa konversi dalam jangka panjang.

Selain itu, karena SEO membantu orang menemukan situs web / bisnis Anda secara organik, mereka lebih mungkin untuk mempercayai produk dan layanan Anda.

Namun, juga benar bahwa SEO adalah komitmen jangka panjang dan ada solusi pemasaran digital lain yang dapat memberikan hasil lebih cepat dengan jumlah investasi yang sama.


Jadi, mengapa sebagian besar bisnis kecil masih memilih SEO?


Manfaat SEO untuk Bisnis Kecil.

Berikut mengapa banyak bisnis kecil bersumpah dengan SEO dan menjadikannya suatu keharusan dalam upaya pemasaran mereka.


1. Menargetkan Pelangan yang Tepat

SEO memungkinkan Anda menargetkan orang yang mungkin sudah tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Karena Anda menawarkan solusi kepada mereka, mereka lebih mungkin mengklik situs web Anda dan membeli produk atau layanan Anda.


2. Menargetkan Pelanggan Pesaing Anda

Ketika Anda mengalahkan pesaing Anda di mesin pencari, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa Anda akan mengalihkan pelangan pesaing Anda ke situs web Anda.


3. Kesadaran Merek Dan Pemasaran Jangka Panjang

Bagian terbaik tentang menggunakan SEO adalah bahwa setelah dilakukan, itu terus memberikan hasil dalam jangka panjang.

Yang perlu Anda lakukan adalah tetap mengikuti pemeriksaan rutin.

Ini berarti, selama Anda tetap memperbarui konten Anda, Anda akan terus mendapatkan lalu lintas untuk pencarian yang ditargetkan.

Selanjutnya, SEO membantu Anda menjaga kesehatan situs web Anda yang membantu Anda menjaga platform yang mutakhir yang dapat dipercayai dan dikunjungi pelanggan saat mereka membutuhkan layanan Anda.



4. Meningkatkan Kualitas Situs Web Anda

Pengalaman pelanggan yang baik berasal dari situs web berkualitas tinggi.

Sementara tujuan utama SEO adalah mengoptimalkan situs web Anda agar peringkat lebih tinggi di mesin pencari, ini juga membantu Anda menjaga situs web yang selalu terlihat dan berperforma baik.

Ini meningkatkan peluang Anda untuk menarik pelanggan yang sama dan membantu Anda meningkatkan konversi.

Ingat, situs web yang terlihat profesional selalu lebih dapat dipercayai daripada yang tidak terawat dengan baik.


5. Menarik Pelanggan Baru Melalui SEO Lokal

Tahukah Anda bahwa 46% dari semua pencarian Google bersifat lokal?

Dan tidak hanya itu, tetapi 50% orang yang melakukan penelitian lokal biasanya mengunjungi toko dalam satu atau dua hari.

Apa yang bisa lebih baik daripada mengalihkan perhatian semua pelanggan potensial ini ke bisnis Anda?

Mungkin, situs daftar bisnis lokal ini dapat meningkatkan kehadiran SEO lokal Anda.


Tapi, apakah pemasaran SEO layak untuk bisnis Anda?


Bagaimana Cara Mengetahui Apakah SEO Layak untuk Bisnis Anda

Setiap bisnis unik dan itulah mengapa pendekatan pemasaran setiap bisnis juga harus unik.

Itulah mengapa, saya pribadi ingin Anda mempertimbangkan dua faktor ini untuk menentukan apakah Anda harus memilih SEO atau tidak.


Apakah orang mencari apa yang Anda tawarkan?

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah orang mencari secara online produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Menurut Google, 4 dari 5 konsumen menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi lokal dan sekitar 28% orang mencari sesuatu yang mendekati hasil.

Jadi, jika Anda baru saja memulai, maka SEO Lokal adalah cara yang bagus untuk menarik audiens yang tepat. Lebih lanjut tentang ini dalam sekejap.


Apakah orang mencari solusi yang bisnis Anda bantu selesaikan?

Jika poin di atas tidak berlaku untuk Anda (yang hampir tidak pernah terjadi), maka hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah orang mencari solusi yang Anda tawarkan.

Menurut data penelitian saya, 69% pembelian online dimulai melalui penelitian online - cara yang sempurna untuk mengalihkan calon pelanggan ke situs web Anda.

Lebih sering daripada tidak, kedua faktor di atas berlaku untuk sebagian besar bisnis.

Ketika SEO membantu bisnis Anda terekspos kepada audiens yang begitu besar, maka bukanlah keputusan terbaik untuk mengabaikan alat pemasaran yang kuat ini.


Berapa Biaya SEO?

Biaya SEO bervariasi tergantung bagaimana Anda memutuskan untuk melakukannya. Ada tiga cara Anda dapat menerapkan SEO:


1. Melalui Ahli SEO:

Seorang Ahli SEO tidak hanya akan memberi Anda panduan profesional yang Anda butuhkan tetapi juga akan menangani kerangka SEO lengkap Anda dari strategi hingga eksekusi.

Namun, menyewa seorang ahli seo bisa sangat mahal.


2. Menyewa Frelancer:

Konsultan SEO dengan pengetahuan luas tentang subjek ini adalah cara lain yang bagus.

Konsultan pemasaran akan melakukan apa yang akan dilakukan oleh Ahli Seo tetapi dengan biaya yang jauh lebih masuk akal. Biaya konsultan bervariasi dari orang ke orang.


3. Melakukan Sendiri:

Cara termurah untuk melakukannya adalah melakukannya sendiri.

Namun, dibutuhkan waktu untuk belajar tentang SEO dan jika dilakukan dengan cara yang salah, Anda mungkin kehilangan lebih banyak uang daripada yang Anda peroleh.

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan waktu yang Anda habiskan untuk itu dan bagaimana Anda akan mengelolanya dengan bisnis yang harus dijalankan.


Jadi, jika Anda bertanya kepada saya,


Apakah perusahaan SEO layak?

Jawabannya adalah tidak.


Namun, Anda masih memerlukan panduan dari seorang ahli SEO profesional untuk mengetahui kata kunci apa yang harus ditargetkan, mengidentifikasi masalah teknis, dan membangun strategi jangka panjang.

Bukan hanya itu, tetapi mereka juga akan membantu Anda meningkatkan praktik SEO Anda saat ini.

Itulah mengapa membayar untuk SEO selalu layak dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyewa seorang konsultan.


Tapi, bagaimana dengan Keuntunggan?


Berapa Banyak ROI yang Dapat Anda Harapkan dari SEO?

Ketika berbicara tentang SEO, Anda perlu mempertimbangkan dua faktor penting saat melihat ROI:

Waktu yang Diinvestasikan: Jumlah jam yang Anda investasikan untuk membangun strategi yang tepat, mengoptimalkan situs web Anda, dan mengoptimalkan konten Anda.

Biaya: Biaya tahunan untuk alat teknis SEO, alat pelacakan kinerja, alat pemeriksaan plagiarisme, dan alat optimasi halaman.


Untuk memahami ROI,Caranya yaitu kalikan volume pencarian kata kunci yang Anda targetkan dengan tingkat klik yang diharapkan (CTR), tingkat konversi rata-rata, dan nilai pesanan rata-rata.


Misalnya, Anda menargetkan kata kunci "lilin wangi" yang memiliki volume pencarian 27.1 ribu menurut berbagai alat online.

Sementara tingkat klik bervariasi untuk posisi pencarian yang berbeda, tingkat klik (CTR) untuk halaman teratas biasanya lebih dari 30%.

Sekarang, katakanlah tingkat konversi Anda adalah 2% dan nilai pesanan rata-rata Anda adalah $20, sehingga pendapatan yang diharapkan adalah:


27100 X 0.3 X 0.02 X 20 = $3,252


Perlu dicatat bahwa ini adalah pendapatan perkiraan hanya untuk salah satu kata kunci yang ditargetkan. Ketika dilakukan dengan benar dan dengan strategi, pendapatan Anda bisa terus meningkat.

Bahkan, rata-rata teknik SEO yang tepat dapat membawa puluhan ribu dolar pendapatan setiap bulan.


FAQ tentang SEO untuk Bisnis Kecil

Berikut beberapa pertanyaan umum dan sering diajukan tentang menggunakan SEO untuk bisnis kecil.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil dari SEO? Apa beberapa alternatif yang lebih cepat dari SEO? Jenis SEO apa yang harus saya fokuskan sebagai bisnis kecil?


SEO adalah alat yang kuat bagi bisnis kecil untuk membangun kesadaran merek dan kredibilitas, serta mendorong konversi jangka panjang.

Ini memungkinkan bisnis menargetkan orang yang tepat, meningkatkan kualitas situs web mereka, dan menarik pelanggan baru melalui SEO lokal.

Itulah mengapa bisnis kecil harus memanfaatkan alat pemasaran ini sebaik mungkin.

Konsultan SEO profesional dapat membantu Anda memahami praktik SEO mana yang harus diambil dan membantu Anda membangun rencana strategis untuk bisnis Anda.

Itulah sedikit banyak penjelasan tentang Seo Untuk Bisnis Kecil ,Seo sangat lah penting dalam berbagai bidang bisnis untuk meningkatkan pemasaran yang lebih baik. Semog bermanfaat dan terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url