Optimisasi SEO Lokal untuk Bisnis Anda

Membuat SEO Lokal yang Efektif untuk Bisnis di Tahun 2023


Data yang dibagikan oleh Think Google mengungkapkan bahwa 76 persen konsumen yang mencari produk atau layanan di dekat mereka melalui ponsel pintar mengunjungi sebuah bisnis dalam satu hari.

Dari pencarian-pencarian ini, 28 persen berakhir dengan pembelian, menurut statistik dari Ahrefs.

Jika Anda menjual barang dan layanan kepada pelanggan secara lokal, meningkatkan visibilitas pencarian lokal seharusnya menjadi prioritas utama.

Membuat SEO Lokal yang Efektif untuk Bisnis di Tahun 2023


Salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan ini adalah dengan terlibat dalam optimisasi mesin pencari lokal.

SEO Lokal bertujuan untuk membuat merek Anda dikenali secara online untuk pencarian-pencarian lokal.

Hal ini karena strategi pemasaran Anda lebih relevan untuk basis pelanggan lokal Anda, yang berarti peningkatan lalu lintas situs web dan konversi.

Jika Anda telah berjuang untuk mengembangkan basis pelanggan lokal dan setia, berikut adalah beberapa tips untuk membuat SEO lokal efektif untuk bisnis Anda.


1. Mengatur Akun GMB & Mengoptimalkan SEO Lokal untuk Bisnis

Mengoptimalkan profil bisnis atau daftar bisnis Anda di Google My Business mungkin adalah cara paling praktis untuk meraih peringkat tinggi di Google Maps.

Ini juga merupakan pilihan yang ideal untuk mendapatkan visibilitas online untuk pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan lokasi.

Namun, untuk mengakses daftar Google atau profil bisnis Anda, Anda perlu membuat akun Google My Business.

Ingatlah, informasi bisnis Anda akan muncul di Google Maps dan hasil pencarian lokal Google.

Oleh karena itu, berikan detail yang akurat mengenai usaha Anda.

Setelah Anda telah membuat akun Anda, optimalkan profil perusahaan Anda dengan menyertakan logo, foto-foto, dan detail tentang produk dan layanan Anda.

Juga, bersikap proaktif dalam mempublikasikan posting dan dorong konsumen untuk meninggalkan ulasan produk dan tanggapi dengan tulus.


2. Mengintegrasikan Kata Kunci Lokal dalam Konten Anda

Karena bisnis Anda menargetkan konsumen lokal, pertimbangkan untuk menggunakan kata kunci lokal. Langkah ini melibatkan melakukan riset kata kunci lokal untuk menemukan frasa pencarian yang relevan dengan usaha Anda.

Selanjutnya, integrasikan kata kunci lokal ke dalam konten Anda. Melakukan hal ini akan membantu Anda meraih peringkat tinggi dalam pencarian organik.

Para ahli juga merekomendasikan memanfaatkan Google Adwords bersama dengan kampanye pemasaran digital organik Anda untuk mencapai kesuksesan maksimal.

Menurut Neon Ambition, Google Adwords memajukan merek Anda kepada pelanggan target Anda ketika mereka mencari produk yang Anda jual.

Ketika Anda menggabungkan optimisasi mesin pencari dan kampanye bayar-per-klik (PPC) lokal, Anda akan mendapatkan eksposur di halaman-halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Selain itu, PPC lokal lebih murah dan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih besar dibandingkan dengan frasa pencarian umum dan tidak terlokalisasi.


3. Jangan Lupakan Optimisasi Situs Web untuk Ponsel


Situs web yang ramah ponsel adalah komponen penting untuk SEO lokal, dan mudah untuk dipahami mengapa.

Konsumen saat ini menghabiskan banyak waktu di perangkat ponsel, mencari informasi online. Dalam banyak kasus, pengguna internet berakhir dengan melakukan pembelian di toko-toko e-commerce lokal.

Namun, konsumen memilih untuk membeli produk dan layanan di situs yang memiliki desain yang ramah ponsel.

Dengan ini diingat, pertimbangkan untuk mengoptimalkan situs Anda untuk ponsel.

Mulailah dengan meningkatkan waktu muat situs Anda, menghilangkan pop-up, memilih desain responsif, mengoptimalkan untuk SEO lokal, dan menyediakan pengalaman pengguna yang sangat baik.


SEO Lokal untuk Bisnis

Menginvestasikan dalam SEO lokal adalah cara sempurna untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesuksesan bisnis.

Ini karena Anda akan fokus untuk menarik pelanggan lokal yang secara fisik dapat membeli produk Anda.

Selain itu, Anda akan memiliki sedikit pesaing dan banyak peluang untuk menjadikan merek Anda sebagai otoritas lokal.

Namun, untuk mencapai semua ini, desain situs web Anda harus ramah ponsel. Anda juga harus memanfaatkan kata kunci terlokalisasi dan mengoptimalkan akun Google My Business Anda.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url