Peraturan Terbaru Mahasiswa Tidak Perlu Lagi Membuat Skripsi Kata Nadiem Makarim

Peraturan Terbaru Mahasiswa Tidak Perlu Lagi Membuat Skripsi Kata Nadiem Makarim

Peraturan Terbaru Mahasiswa Tidak Perlu Lagi Membuat Skripsi


Menteri Nadiem Makarim telah mengumumkan kebijakan baru yang mendapat dukungan positif dari netizen Indonesia. Kebijakan ini mengizinkan mahasiswa S1 dan D4 untuk lulus tanpa skripsi. Permendikbudristek No. 53/2023 adalah dasar kebijakan ini, diumumkan dalam seminar "Merdeka Belajar Episode 26" pada 29 Agustus.

Nadiem menjelaskan bahwa tugas akhir mahasiswa bisa berupa prototipe, proyek, atau bentuk lain, dengan keputusan ada pada perguruan tinggi. Kemampuan dalam bidang teknis tak harus diukur lewat karya ilmiah, kata Nadiem. Standar Nasional Pendidikan Tinggi diperbarui untuk memberi fleksibilitas pada program studi dalam menentukan syarat kelulusan.

Netizen positif merespons kebijakan ini. Mereka anggap skripsi tak selalu relevan dalam kerja, pengalaman dan sertifikat lebih berbobot. Ada yang bilang skripsi tak latih kemampuan komunikasi kerja. Meski ada dukungan, netizen ingat keputusan akhir ada di perguruan tinggi masing-masing. Beberapa bandingkan kebijakan ini dengan Taiwan yang tak mewajibkan skripsi, netizen Indonesia melihatnya sebagai langkah positif.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url