Manfaat Subdomain Sehingga Kita Perlu Membuat

Manfaat Subdomain Sehingga Perlu Membuat


Pengertian Subdomain

Ucivergo - Subdomain adalah bagian turunan dari suatu domain utama,yang berfungsi untuk sebagai tempat untuk menyajikan suatu konten yang berbeda topik atau pembahasan dari topik domain utama.

Subdomain sering di manfaatkan untuk memisahkan toko, blog, dan forum dari website di domain utama. Contohnya, pada URL m.facebook.com, “m” adalah subdomain, “facebook” adalah nama domain utama, dan “.com” adalah top-level domain (TLD).

Pribahasa sederhana untuk subdomain

Subdomain di ibaratkan sebuah ruangan di suatu rumah ,nah ruangan runangan di rumah itu memiliki fungsunya masing masing seperti ruang tamu untuk menerima tamu,dapur untuk menyajikan masakan,kamar untuk istirahat.itulah penjelasan sederhana dari sebuah sub domain,sebab tidak kebayang jika suatu rumah hanya memiliki satu ruangan,jelas itu akan membuat rumah tersebut terlihat tidak rapi dan berantakan.sama halnya dengan domain yang mencampur semua topik pembahasan pada satu domain atau alamat,jelas itu membuat domain tersebut kurang rapi.



Berikut Adalah Perbedaan Domain dan Subdomain

Singkatnya untuk perbedaan domain dan subdomain terletak pada penggunaan dan fungsinya, di mana domain merupakan alamat utama yang mewakili IP address website, sedangkan subdomain adalah alamat tambahan yang diambil dari domain utama yang sudah ada atau alamat turunan dari alamat utama

Pada dasarnya semua domain sudah memiliki subdomain yaitu ''www'' tapi subdmoain ini digunakan untuk mengarahkan ke alamat domain utama.

dan kemudian kita buat subdomain dengan mana, “news” menggantikan posisi “www”,yang bertujuan untuk membuat website baru dengan fokus berbeda. Ketika diakses, URL dengan subdomain “news” akan mengarahkan ke alamat yang berbeda serta menampilkan konten lain yang terpisah dari website utama.



Berikut adalah Tujuan Dan Fungsi Subdomain

Fungsi utama Subdomain adalah untuk optimal organisasi website, tapi subdomain bisa juga digunakan untuk tujuan lain, seperti:

1.Subdomain digunakan untuk ujicoba website baru.

Subdomain digunakan untuk mengedit dan membangun ulang website tanpa harus mengaktifkan mode maintenance pada domain utama.

2.Subdomain digunakan untuk membuat artikel dengan bahasa yang berbeda. 

Bertujuan untuk mengonlinekan website yang berbeda untuk berbagai wilayah lain. Misalnya, in.facebook.com untuk India, fr.facebook.com untuk Prancis, dan id.facebook.com untuk Indonesia.

3.Subdomain digunakan untuk membuat website versi mobile. 

Agar tampilan dan fungsi website tetap optimal di perangkat seluler, kita bisa menggunakan URL sub domain seperti m.facebook.com.

4.Subdomain digunakan untuk menawarkan produk dan layanan yang berbeda. 

Kita bisa membuat forum, toko, blog, pusat bantuan, dan konten unik lainnya yang terpisah dari domain root, tapi sebenarnya masih terkait.

5.Subdomain digunakan untuk membuat desain tampilan website yang berbeda dari desain website utama. 

Kita bisa menghosting sub domain pada platform yang menawarkan layanan yang lebih baik untuk kebutuhan Kita, seperti CMS, website builder, atau website builder eCommerce lainnya.

6.Subdomain digunakan untuk pengelolaan website yang lebih baik. 

Contohnya Kita bisa membuat subdomain baru untuk dukungan pelanggan sehingga bisnis kita memiliki website khusus untuk FAQ, komunitas, dokumentasi, dan halaman bantuan lainnya.



Penutup

Itulah penjelasan singkat tentang subdomain serta manfaat dan fungsi subdomain itu sendiri bagi pemilik website.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url