6 Cara Mengatur Konten Website Agar Maksimal

6 Cara Ini untuk Mengatur Konten Website Agar Maksimal


Konten selalu menjadi aset berharga bagi setiap situs web. Baik Anda menawarkan layanan, informasi, atau produk, konten adalah alasan utama Anda memiliki situs web dalam hal pertama.

Sebuah situs web dapat memamerkan apa yang Anda tawarkan kepada klien potensial Anda. Salah satu tujuan utama Anda adalah memungkinkan audiens target Anda menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat.

Selain menyediakan konten berharga dan informatif, penting juga untuk menjaga segalanya terorganisir. Ketika Anda memberikan pengalaman tanpa hambatan kepada pengunjung dengan jalur yang jelas untuk membeli produk atau mengakses informasi, Anda dapat membuat mereka tetap berada di situs Anda, bahkan mungkin mereka akan kembali untuk lebih.

Mengatur Konten Website Agar Maksimal


Namun, menjaga konten Anda terorganisir bisa menjadi tantangan karena beragamnya pengunjung dengan harapan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berikut beberapa cara untuk mengatur konten situs web dengan cara terbaik.

Mengatur Konten Website Sebagai Berikut

1. Mengidentifikasi Elemen Penting

Jika Anda ingin memastikan pengalaman pengguna yang baik untuk situs web Anda, identifikasi tiga elemen ini untuk memastikan titik awal yang baik dalam mengatur situs web Anda.

Merek

Mengetahui merek Anda akan membantu menetapkan ritme. Begitu Anda memiliki identitas merek yang mapan, itu memungkinkan Anda untuk menetapkan komunikasi yang konsisten di semua platform.

Panggilan untuk Bertindak (CTA)

Anda juga perlu mengidentifikasi apa yang Anda inginkan pengunjung lakukan begitu mereka mengunjungi situs web Anda. Melakukannya akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengatur konten Anda dengan benar.

Audience Target

Tergantung pada fokus utama situs web Anda, Anda mungkin melayani berbagai audiens. Mengetahui lebih banyak tentang audiens target Anda akan memberi Anda wawasan tentang bagaimana mereka melihat konten Anda. Selain itu, pemahaman yang kuat tentang audiens target dan kebutuhan khusus mereka dapat membantu Anda menentukan jenis konten yang akan dimasukkan ke situs web Anda.

Ingatlah bahwa mengetahui tiga elemen ini akan membantu Anda mengatur konten situs web Anda dengan lebih baik.


2. Membuat Peta Situs Terorganisir

Setelah mengidentifikasi elemen penting untuk membantu Anda memutuskan konten dan kerangka yang tepat untuk situs web Anda, pengaturan yang benar adalah langkah berikutnya. Situs web terorganisir akan memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung Anda, dan Anda dapat mencapai ini dengan bantuan peta situs.

Ketika merencanakan konten situs web dan peta situs, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan.

Buat Garis Besar Logis

Pastikan untuk mengorganisir konten ke dalam kelompok-kelompok logis. Dalam sebagian besar kasus, Anda dapat mengategorikan layanan Anda ke dalam kelompok-kelompok terpisah. Jika Anda memiliki beberapa payung layanan, Anda perlu membaginya juga. Ini akan menjaga situs web Anda teratur. Selain itu, ini akan memudahkan pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari dan memungkinkan Anda menjadi tepat dalam panggilan untuk tindakan yang akan digunakan.


3. Maksimalkan Halaman Utama

Halaman utama pada situs web Anda mengonversi pengunjung menjadi prospek nyata. Selalu ingat bahwa tujuan utama dari halaman utamaa adalah perujuk konten lainnya 

Dengan ini diingat, pastikan untuk menghindari menambahkan elemen apa pun yang akan mengalihkan perhatian pengunjung. Halaman utama yang efektif sangat penting untuk upaya pemasaran Anda.

Halaman utama yang baik harus menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk menyelesaikan tujuannya. Semua elemen dalam halaman utama harus bekerja dengan lancar untuk memastikan kenyamanan audien

Ini bisa berupa mengisi formulir, mendaftar newsletter, atau membeli produk.

Selain itu, halaman utama harus menyediakan informasi yang relevan untuk mendorong pengunjung untuk bertindak tanpa gangguan atau pengalihan yang tidak perlu.


4. Menetapkan Navigasi yang Lancar

Setelah menentukan konten yang sesuai untuk situs Anda dan bekerja dengan apa yang sudah Anda miliki, saatnya membangun navigasi situs web Anda.

Secara umum, navigasi mengacu pada kumpulan menu yang digunakan pengunjung untuk berpindah di sekitar situs Anda.

Dalam kebanyakan kasus, bar navigasi berada di bagian atas situs. Bilah navigasi dapat terdiri dari satu menu, satu menu dengan submenu bertingkat, atau kombinasi beberapa elemen navigasi.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu diingat agar memudahkan pengunjung bergerak di sekitar situs Anda:


5. Pilih Struktur Navigasi

Ini harus paling sesuai dengan ukuran situs Anda. Jika situs Anda berisi konten terbatas, bar navigasi sederhana akan berfungsi. Sementara untuk situs e-commerce, akan memerlukan yang lebih besar atau menu vertikal yang dapat dilipat.


6. Berikan Deskripsi

Ini harus ada dalam judul navigasi. Jadilah spesifik saat membangun menu navigasi Anda, yang akan sangat dihargai pengunjung sehingga mereka tahu kemana harus pergi.

Ketika Anda menyediakan navigasi yang nyaman bagi pengunjung Anda, mereka dapat dengan mudah pergi ke halaman yang tepat untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.


Konten situs web yang teratur dengan baik jelas menunjukkan Anda benar-benar peduli tentang pengalaman pengunjung di situs Anda dan menghargai waktu mereka.

Ketika pengunjung Anda menemukan apa yang mereka butuhkan di situs web Anda dengan cara yang lancar dan tanpa hambatan, itu akan mendorong mereka untuk kembali. Selain menarik pengunjung berkualitas ke situs Anda, situs web yang terorganisir akan meningkatkan peringkat mesin pencari.

Ini juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mengubah pengunjung menjadi pelanggan dalam waktu singkat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url