6 Langkah Membangun Tim Pemasaran Digital untuk Bisnis Anda

Langkah Membangun Tim Pemasaran Digital untuk Bisnis Anda

Sebuah tim pemasaran digital yang hebat seharusnya terdiri dari para spesialis - orang-orang seperti ahli SEO, pemasar konten, pengembang web, dan pemasar media sosial.

Langkah Membangun Tim Pemasaran Digital


Dengan perkiraan tingkat pertumbuhan tahunan sekitar 18,8% hingga 2025, India merupakan industri Periklanan Internet yang berkembang paling cepat di dunia. 

Mari kita lihat bagaimana Anda dapat membangun tim pemasaran digital yang kuat untuk bisnis online pada tahun 2021 dan seterusnya.


1. Tentukan Tujuan Yang Ingin Di Capai Dari Tim Penawaran Anda

Salah satu keputusan pertama yang perlu Anda buat saat membangun tim pemasaran adalah menentukan tujuan yang ingin Anda capai. Jika Anda mencoba menjual produk baru, maka tujuan Anda mungkin adalah generasi prospek.

Jika tujuan Anda adalah retensi pelanggan, maka Anda mungkin akan mencari cara untuk menjaga pelanggan tetap puas dengan perawatan pasca-pembelian.

Langkah selanjutnya adalah menentukan keterampilan dan alat khusus yang diperlukan untuk setiap tujuan.

Sebagai contoh, jika Anda berharap menghasilkan prospek, maka mungkin perlu menyewa seorang strategi SEO. Atau jika tujuan Anda adalah retensi pelanggan, maka merancang strategi layanan pelanggan yang efektif mungkin menjadi bagian dari daftar periksa anggota tim.

Akhirnya, penting bahwa tujuan dan keterampilan sejalan dengan strategi pemasaran perusahaan secara keseluruhan.


2. Bangun Tim Pemasaran Anda


Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan saat membangun tim digital Anda.

Anda perlu tahu keterampilan apa yang mereka miliki, tugas apa yang ingin mereka lakukan, dan berapa banyak waktu yang mereka butuhkan untuk setiap tugas.

Tim Anda seharusnya dapat mencakup semua pekerjaan berikut: spesialis pemasaran online, desainer grafis, manajer komunitas, penulis konten, desainer web, penulis teknis, dan lainnya.


3. Memiliki Kebijakan Asuransi yang Tepat untuk Staf Anda

Penyedia asuransi telah mulai menawarkan kebijakan asuransi untuk agensi digital dan tim media sosial. Kebijakan-kebijakan ini dirancang untuk melindungi pemasar digital dari gugatan hukum, biaya hukum, dan denda serta mencakup biaya pelanggaran data.

Jika Anda baru memulai dan Anda seorang pengusaha tunggal, Anda sebaiknya mempertimbangkan sesuatu yang disebut sebagai "ghost policy" untuk kompensasi pekerja.

Kebijakan kompensasi pekerja "ghost" digunakan untuk menunjukkan bukti cakupan kompensasi pekerja.


4. Pilih dengan Hati-Hati Saluran Digital Anda

Saluran digital yang tepat akan tergantung pada industri Anda. Penting untuk memilih saluran terbaik yang sesuai dengan jenis bisnis yang Anda jalankan.

Dengan ini, Anda dapat mengidentifikasi saluran mana yang paling relevan untuk tujuan bisnis perusahaan Anda dan minat audiens Anda.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membentuk kehadiran layanan pelanggan resmi secara online, maka Twitter adalah pilihan yang kuat.

Jika industri Anda berpusat pada produk yang sangat estetis, maka Instagram dan Pinterest adalah pilihan yang tepat.

Dan jika industri Anda ditujukan untuk demografis di bawah usia 30 tahun, maka TikTok adalah opsi terbaik Anda pada tahun 2021.

Manfaatkan Kemampuan Tim Anda Sambil Tetap Realistis tentang Tujuan Anda

Penting untuk realistis tentang tujuan Anda saat membangun tim pemasaran digital. Anda tidak bisa memiliki semua orang menjadi ahli dalam segala hal karena itu tidak akan memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Lebih baik mempekerjakan orang-orang yang terampil dalam satu bidang dan membiarkan mereka bekerja dengan individu-individu berbakat lainnya sehingga mereka dapat saling belajar dan seimbangkan keterampilan mereka.


5. Siapa yang Cocok untuk Pekerjaan?

Saat Anda memutuskan anggota tim Anda, penting untuk memikirkan siapa yang akan menjadi pendamping terbaik untuk merek. Beberapa anggota tim Anda harus mencakup Kreator Konten.

Ini adalah orang yang menciptakan dan mengedit semua konten untuk perusahaan Anda.

Ini termasuk pos blog, email, dll. Anda mungkin juga memerlukan Manajer Komunitas, yang bertanggung jawab untuk berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan secara online.

Mereka menciptakan konten seperti pos blog dan posting media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan di tempat yang mereka kunjungi (misalnya, Twitter, LinkedIn, Facebook).

Pada dasarnya, Manajer Komunitas berfungsi sebagai tautan utama antara perusahaan dan target audiensnya.

Sementara itu, seorang Manajer Penjualan berfokus pada mengakuisisi klien baru dan mencapai tujuan penjualan. Biasanya, mereka mengkhususkan diri dalam generasi prospek atau akuisisi klien (baik melalui SEO atau iklan berbayar).

Ketiga anggota tim Anda ini hanyalah dasar dari apa yang Anda butuhkan, tetapi mereka akan memberikan pondasi yang kokoh untuk dibangun.


6. Membangun tim pemasaran digital adalah tugas yang sulit namun penting.

Ini membutuhkan pemilihan saluran digital yang tepat, menentukan tujuan Anda, memilih kebijakan asuransi yang tepat, mencocokkan karyawan yang tepat dengan posisi yang sesuai, dan banyak lagi.

Manfaat melakukannya akan sepadan dalam jangka panjang, terutama ketika Anda memiliki tim yang kuat yang semua bekerja menuju tujuan yang sama.

Saat kita mendekati tahun 2024, masa depan pemasaran digital terlihat cerah, pastikan Anda memiliki tim yang siap untuk menjadi bagian darinya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url