Bagaimana Cara Menyebutkan Kemampuan Microsoft Office di Resume

Bagaimana Cara Menyebutkan Kemampuan Microsoft Office di Resume

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, menyertakan keterampilan Microsoft di resume Anda dapat memberi tahu para pemberi kerja bahwa Anda memiliki kemampuan untuk melakukan tugas-tugas pengolahan data dan presentasi yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Keterampilan ini diperlukan untuk sebagian besar pekerjaan saat ini, dan dapat membuat Anda menjadi calon yang sangat menjanjikan di mata perusahaan. Saat Anda menyesuaikan bagian keterampilan pada resume Anda, penting untuk menyertakan keterampilan Microsoft Office apa pun yang Anda miliki untuk ditawarkan kepada perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa keterampilan Microsoft penting, jenis keterampilan yang harus disertakan, dan bagaimana cara menyebutkan keterampilan Microsoft Office.

Cara mnyebutkan keahlian ms office di resume


Mengapa menyebutkan keterampilan Microsoft Office di resume?

Perusahaan sering menggunakan produk-produk Microsoft seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook, yang termasuk dalam Microsoft Office 365 Business. Mereka juga mungkin menggunakan Microsoft OneDrive dan SharePoint untuk memudahkan kerja tim. Sebenarnya, Microsoft Office adalah alat yang paling banyak digunakan untuk mendokumentasikan, mengorganisir informasi, menyampaikan presentasi, dan memproses data. Karena itu, efisiensi Microsoft Office biasanya menjadi keterampilan yang dibutuhkan untuk sebagian besar posisi, terlepas dari industri Anda.

Contoh keterampilan Microsoft yang bisa disebutkan di resume

Berikut adalah daftar keterampilan Microsoft Office yang dapat Anda sertakan di resume Anda:

  • Microsoft Word
  • Microsoft Excel
  • Microsoft PowerPoint
  • Microsoft Access
  • Microsoft Outlook

Microsoft Word

Berikut adalah beberapa keterampilan yang mungkin ingin Anda sertakan untuk menunjukkan kompetensi Anda dengan Microsoft Word:

  1. Pengaturan halaman
  2. Membandingkan dan menggabungkan dokumen
  3. Membuat formulir menggunakan bidang dan alat-alat canggih
  4. Membuat dan menggunakan template
  5. Berbagi dan melindungi dokumen
  6. Melacak perubahan
  7. Membuat label
  8. Mengformat tabel
  9. Mengformat dokumen

Microsoft Excel

Berikut adalah beberapa keterampilan yang dapat Anda sertakan untuk menunjukkan kompetensi dengan Excel:

  1. Membuat spreadsheet
  2. Membuat tabel
  3. Menganalisis data
  4. Makro
  5. Tabel pivot dan grafik pivot
  6. Rumus
  7. Mengelompokkan data
  8. Fungsi-fungsi
  9. Validasi data

Microsoft PowerPoint

Berikut adalah beberapa keterampilan yang mungkin ingin Anda sertakan untuk menunjukkan tingkat kompetensi Anda dengan PowerPoint:

  1. Membuat presentasi
  2. Membuat dan memformat template
  3. Membuat slide show interaktif
  4. Memasukkan, menyematkan, dan menghubungkan media dan data
  5. Memasukkan tautan hiper
  6. Memasukkan dan memformat media
  7. Menghubungkan dan menyematkan video
  8. Menggunakan timeline canggih
  9. Menyiaran dan berbagi slide show

Microsoft Access

Berikut adalah beberapa keterampilan yang mungkin ingin Anda gunakan jika Anda mahir dengan Access:

  1. Membuat dan merancang basis data
  2. Menghitung kontrol
  3. Mengurutkan dan menyaring data
  4. Membuat kueri-kueri canggih
  5. Membangun hubungan dan menghubungkan antara tabel
  6. Menggunakan VBA dan SQL dalam Access
  7. Menggunakan aplikasi Office lainnya dengan Access 

Microsoft Outlook

Biasanya digunakan oleh pemberi kerja untuk email, berikut adalah daftar keterampilan yang dapat Anda sertakan untuk menunjukkan kompetensi Anda dengan Outlook:

  1. Balasan otomatis
  2. Mengonfigurasi pengaturan email
  3. Membuat, menjadwalkan, dan mendelegasikan tugas
  4. Merencanakan pertemuan
  5. Berbagi dan mengkonfigurasi kalender
  6. Tingkat kemahiran untuk bagian keterampilan

Untuk mengkomunikasikan tingkat keterampilan Anda dalam menggunakan produk Microsoft tertentu, penting untuk menyertakan tingkat kemahiran Anda. Meskipun ada berbagai penilaian yang digunakan untuk mengukur tingkat kemahiran kandidat, sistem penilaian yang lebih dikenal oleh para manajer perekrutan adalah:

Tingkatan Kemampuan :

Mendasar

Mendasar berarti Anda memiliki sedikit pengalaman kerja dengan perangkat lunak dan sedikit atau tidak ada pelatihan. Dengan tingkat keterampilan ini, biasanya Anda dapat membuat, menyimpan, dan menghapus dokumen serta mengenali ikon-ikon dasar.

Dasar

Dengan tingkat pengalaman ini, Anda memiliki pemahaman dasar tentang perangkat lunak. Untuk Microsoft Word, ini biasanya berarti Anda dapat menulis dan mengedit teks. Untuk Excel, ini mungkin berarti Anda dapat membuat dan memformat spreadsheet sederhana, meskipun Anda tidak memiliki pengalaman dalam penggunaan fungsi, pengurutan, atau pembuatan tabel. Untuk PowerPoint, Anda mungkin memahami cara membuat presentasi dasar.

Mahir

Tingkat kemahiran ini setara dengan memiliki pengetahuan tingkat menengah tentang perangkat lunak. Mahir dalam Word biasanya berarti Anda tahu cara membuat template, menggunakan SmartArt, dan melakukan fungsi dasar seperti pengaturan halaman, pengeditan, dan pemformatan teks. Dalam Excel, ini berarti Anda tahu rumus dasar, penghubungan data, tabel pivot dan grafik, serta cara menggunakan pernyataan IF. Dalam PowerPoint, ini umumnya berarti Anda tahu cara membuat template, animasi, grafik, dan bagan.

Menengah

Keterampilan menengah membangun pada tingkat kemahiran dasar dan memerlukan pengalaman yang cukup. Membuat slide show di PowerPoint adalah tugas tingkat menengah, begitu juga dengan membuat rumus di Excel untuk menghitung hasil yang diinginkan untuk pajak atau komisi penjualan. Menggunakan Mail Merge di Word untuk mempersonalisasi surat bisnis untuk kampanye pengiriman surat adalah keterampilan tingkat menengah.

Mahir

Memahami cara menggunakan OneNote dan InfoPath dianggap sebagai keterampilan tingkat mahir untuk Microsoft Office, begitu pula dengan membuat basis data di Access. Menyesuaikan presentasi animasi di PowerPoint dianggap mahir, begitu juga dengan menggunakan Excel untuk formulir keuangan kustom atau melacak perubahan antara dokumen bersama di Word.

Cara menyebutkan keterampilan Microsoft Office di resume

Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk menyertakan keterampilan Microsoft di resume Anda:

  1. Buat daftar semua keterampilan Anda.
  2. Tentukan tingkat kemahiran Anda.
  3. Buktikan keterampilan Anda dalam deskripsi pekerjaan Anda.
  4. Pertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi dalam produk-produk Microsoft.


1. Buat daftar semua keterampilan Anda

Ulas kembali daftar keterampilan di atas dan buat daftar semua keterampilan yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda tuju.

2. Tentukan tingkat kemahiran Anda

Evaluasi tingkat Anda untuk setiap keterampilan yang relevan. Jika Anda belum setidaknya mahir dalam menggunakan perangkat lunak tertentu, jangan sertakan di resume Anda. Jadilah jujur ​​tentang tingkat kemahiran yang Anda miliki dengan setiap produk Microsoft yang Anda masukkan di resume Anda.

3. Buktikan keterampilan Anda dalam deskripsi pekerjaan Anda

Dalam bagian riwayat pekerjaan Anda, sertakan keterampilan yang telah Anda gunakan sebagai bagian dari pekerjaan Anda. Tunjukkan bagaimana Anda menggunakannya dalam praktik dan apa yang berhasil Anda capai dengan menggunakan produk Microsoft.

4. Pertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi dalam produk-produk Microsoft

Jika ada keterampilan tertentu yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, pertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi Microsoft dalam produk-produk tersebut. Ini akan memberi Anda keunggulan otomatis dibandingkan dengan kandidat lain.

Contoh cara menyebutkan keterampilan Microsoft Office

Berikut beberapa contoh cara menjelaskan keterampilan Microsoft Office di resume Anda:

Keterampilan yang tercantum dalam bagian keterampilan terpisah

Tergantung pada gaya resume yang Anda gunakan, Anda mungkin ingin menyebutkan keterampilan Microsoft Office Anda dalam bagian keterampilan terpisah. Berikut contoh bagaimana itu bisa terlihat:

"Keterampilan relevan: Pengalaman lanjutan dalam menggunakan rumus, fungsi, dan tabel pivot Excel, pengalaman lanjutan dalam menggunakan fungsi mail merge Word, pengalaman menengah dalam MS Access".

Keterampilan yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan

Anda juga bisa menyertakan keterampilan Anda dalam deskripsi pekerjaan di resume Anda. Berikut contoh bagaimana itu bisa terlihat:

Membuat tabel pivot Excel untuk
Menggunakan makro Excel untuk mengotomatisasi proses manual dan meningkatkan produktivitas tim kami sebesar 10%

Memanfaatkan fungsi mail merge di MS Word untuk meningkatkan kecepatan kami dalam mengirimkan kampanye surat kepada daftar lebih dari 10.000 orang sebesar 25%

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam menyusun resume dengan keterampilan Microsoft Office yang kuat. Jangan ragu untuk menyesuaikan dan menambahkan konten sesuai dengan pengalaman dan posisi yang Anda lamar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url