Cara Membuat Timeline di PowerPoint dalam 6 Langkah

Cara Membuat Timeline di PowerPoint dalam 6 Langkah

Timeline dapat menjadi alat presentasi yang berharga untuk menampilkan tujuan, menjelaskan informasi historis, dan membuat grafik yang mudah diikuti yang lebih menarik daripada hanya teks. PowerPoint adalah program yang biasanya digunakan untuk membuat slide presentasi, tetapi program ini juga menawarkan opsi untuk membuat jenis grafik lain, termasuk timeline. Belajar bagaimana membuat timeline yang jelas dan menarik di PowerPoint dapat membuat presentasi Anda lebih efektif dan meningkatkan pemahaman audiens terhadap informasi yang disajikan.


Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu timeline di PowerPoint dan apa yang dapat Anda gunakan, menguraikan bagaimana membuat timeline di PowerPoint, dan berbagi tips untuk membuatnya dengan efektif.

Membuat Timeline di PowerPoint


Apa itu timeline di PowerPoint?

Timeline di PowerPoint adalah grafik yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan berbagai titik dalam waktu selama periode tertentu, baik masa lalu maupun masa depan. Anda dapat menggunakan timeline ini dalam pertemuan bisnis, kursus pendidikan, atau untuk penggunaan pribadi. Setiap tonggak pada timeline berkorespondensi dengan waktu atau tanggal tertentu, biasanya diikuti oleh deskripsi acara yang terjadi selama tonggak tersebut atau apa yang Anda harapkan capai pada tanggal tersebut. Di PowerPoint, Anda dapat membuat timeline untuk disertakan dalam presentasi atau mengembangkannya sebagai proyek mandiri yang dapat diekspor dan disimpan sebagai grafik individu.


Timeline dapat menjadi alat yang berguna untuk menyampaikan data dan informasi yang berkaitan dengan waktu kepada audiens. Mereka ringkas dan menawarkan ringkasan visual dari data yang Anda presentasikan. Beberapa contoh situasi di mana Anda mungkin membuat timeline di PowerPoint meliputi:


  • Mengajar pelajaran, terutama sejarah
  • Mengembangkan tujuan bisnis atau produktivitas
  • Menyajikan riwayat pekerjaan masa lalu
  • Merumuskan rencana kerja
  • Menyelesaikan proyek visual yang melibatkan peristiwa yang terjadi selama periode tertentu


Cara membuat timeline di PowerPoint

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti saat membuat timeline di PowerPoint:

1. Buka opsi template timeline

Langkah pertama saat membuat timeline di Microsoft PowerPoint adalah membuat template. Untuk melakukannya, mulailah dengan membuka aplikasi PowerPoint dan klik tab "Insert" di bagian atas, yang akan memunculkan serangkaian pilihan. Klik ikon "SmartArt" di bawah subbagian "Illustrations" untuk membuka galeri grafik SmartArt, di mana Anda dapat memilih template timeline.


2. Pilih template timeline

Setelah Anda membuka galeri "Choose a SmartArt Graphic", arahkan ke tab "Process". Bagian ini menampilkan semua grafik proses dalam program, termasuk dua template timeline yang diidentifikasi, yaitu "Basic Timeline" dan "Circle Accent Timeline." Meskipun ini adalah dua template yang secara khusus diberi nama untuk timeline, Anda dapat menggunakan sebagian besar template proses untuk membuat satu. Selanjutnya, klik dua kali template yang ingin Anda gunakan.


3. Tambahkan teks

Setelah Anda memutuskan template timeline, Anda dapat melanjutkan dengan menambahkan teks Anda. PowerPoint secara otomatis menghasilkan tiga placeholder teks, yang berkorespondensi dengan tiga tonggak pada timeline Anda. Untuk menambahkan teks, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda dapat mengklik kotak teks di slide dan menambahkan teks Anda ke dalam template yang disediakan.


Anda juga dapat mengetik ke dalam panel teks, yang dapat Anda buka dengan mengklik ikon panah di sebelah kiri grafik timeline Anda. Untuk menambahkan informasi timeline Anda, masukkan tanggal dan deskripsi tonggak Anda. Jika Anda ingin menggunakan tanggal dengan informasi di bawahnya, Anda dapat mengetik satu, lalu klik "Shift" dan "Enter" di keyboard Anda untuk menyisipkan jeda baris dalam kotak teks aktif Anda.


4. Tambahkan tonggak tambahan

Menggunakan panel teks dapat memudahkan Anda menambahkan tonggak tambahan dan membuat jeda baris karena program secara otomatis menyesuaikan jarak pada timeline saat Anda menambahkan baris baru. Anda dapat melakukannya dengan menekan "Enter" pada keyboard setelah Anda menyelesaikan item sebelumnya. PowerPoint secara otomatis memberikan jarak yang sama antara setiap titik, tetapi Anda dapat secara manual menggeser tonggak dan deskripsi mereka ke lokasi yang Anda inginkan pada timeline untuk menyesuaikan jaraknya.


5. Ubah gaya timeline Anda

Setelah Anda memasukkan semua informasi tonggak Anda ke dalam timeline, Anda dapat melanjutkan dengan mengubah tampilan proyek Anda. Untuk melakukannya, klik tab "SmartArt Tools" di bagian atas pita program dan arahkan ke tombol "Change Colors" di bagian "SmartArt Styles". Klik ini untuk memilih skema warna untuk timeline Anda.


Anda juga dapat menyesuaikan item individu dalam grafik Anda dengan mengklik kanan pada mereka dan menggunakan opsi formatting yang ditawarkan oleh PowerPoint. Dengan opsi ini, Anda dapat menggunakan alat kustomisasi seperti "Shape Fill" dan "Font Color" untuk membedakan komponen dari timeline Anda.


6. Sesuaikan ukuran dan bentuk

Perubahan lain yang dapat Anda lakukan pada timeline PowerPoint Anda adalah ukuran grafik dan tonggak individu. Untuk menyesuaikan ukuran elemen-elemen ini, klik item yang ingin Anda ubah dan arahkan ke tab "Format" di pita atas. Ini juga memberi Anda opsi untuk mengganti bentuk pada timeline Anda, seperti mengubah tonggak lingkaran default menjadi berlian. Anda juga dapat menambahkan shading ke grafik Anda atau membuatnya 3D menggunakan fitur-fitur ini.


Tips untuk membuat timeline di PowerPoint

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat membuat timeline di Microsoft PowerPoint:


Coba platform lain

Suite Microsoft mencakup program lain yang memungkinkan Anda membuat timeline, seperti Word dan Excel. Program-program ini juga menggunakan SmartArt untuk membuat grafik, dan mereka memberi Anda peluang lain untuk berbagi informasi. Ini mungkin berguna jika Anda ingin membuat timeline yang ingin Anda distribusikan, seperti pada lembar kerja untuk siswa atau dalam kerangka proyek untuk klien.


Buat rencana

Membuat rencana tentatif untuk timeline Anda adalah cara yang membantu untuk menentukan gaya dan ukuran grafik Anda.


 Pertimbangkan untuk mencantumkan semua tanggal dan informasi yang sesuai dalam dokumen lain terlebih dahulu dan menyalinnya ke PowerPoint untuk memastikan Anda menyertakan semua yang diperlukan. Anda juga dapat mencatat ide-ide gaya atau elemen desain yang Anda miliki atau elemen desain yang diperlukan oleh perusahaan Anda untuk presentasi.


Ber kreativitas

PowerPoint memberi Anda opsi untuk menyesuaikan elemen-elemen berbeda dari timeline Anda, jadi pertimbangkan untuk menggunakan ini dengan menambahkan aspek kreatif ke proyek Anda. Cobalah menyesuaikan ukuran, bentuk, dan warna yang digunakan dalam timeline Anda untuk membuatnya unik sesuai gaya Anda dan sesuai dengan topik timeline Anda. Memiliki presentasi yang lebih menarik secara visual dapat membuat audiens tetap fokus dan membantu mereka lebih baik dalam mengingat informasi.


Gunakan panel teks

Pertimbangkan untuk menggunakan panel teks saat membuat timeline di PowerPoint. Ini dapat menjadi cara yang paling efektif untuk melakukan pengeditan dan menambahkan tonggak tambahan. Menggunakan ini dapat menghemat waktu Anda dengan membiarkan program secara otomatis menentukan ukuran dan jarak pada grafik, dan tampilan dapat lebih mudah dibaca saat Anda atau tim Anda mengedit presentasi.


Sekian tips dan langkah-langkah untuk membuat timeline di PowerPoint. Semoga berhasil dalam membuat presentasi yang menarik dan informatif!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url