Cara Uninstall Play Store Di Android

Cara Uninstall Play Store Di Android


Gimana cara nyelametin Google Play Store yang tiba-tiba ilang dari HP kamu? Atau malah icon Play Store lenyap dari Android kamu? Jangan panik dulu. Di sini, kita bakal kasih tahu cara mengembalikan Google Play Store yang tiba-tiba terhapus.

Cara Uninstall Play Store Di Android


Google Play Store tuh adalah aplikasi yang udah ada di HP dari awal dan jadi tempat buat download aplikasi di Android. Selain buat nge-update aplikasi resmi, Play Store juga bisa ngecek aplikasi-aplikasi biar gak ada yang jahat-jahat pake fitur Play Protect-nya.

Yuk kita lihat gimana caranya mengembalikan Google Play Store yang tiba-tiba ilang dari HP Android. Sebelum itu, kita jawab dulu pertanyaan penting, yaitu bisa gak sih menghapus Play Store?


EMANG BISA HAPUS GOOGLE PLAY STORE?

Jelas gak bisa, deh! Play Store gak bisa dihapus dari HP dan tablet yang udah ada Play Store-nya dari awal. Cuma di beberapa negara kayak China, Play Store diblokir, baru bisa dihapus.


Trus, kok Play Store-nya tiba-tiba ilang? Ada beberapa jawaban buat itu, misalnya kamu mungkin aja nge-disable atau sembunyiin Play Store-nya. Apapun alasannya, kita bakal lihat caranya bawa kembali Play Store-nya dengan beberapa cara yang beda.


1. GERAKIN DARI LACAK APLIKASI KE LAYAR UTAMA

Bisa jadi kamu cuma nyapu Play Store dari layar utama kamu. Jadi begini, di HP Android itu ada dua tempat buat aplikasi, yaitu di laci aplikasi dan di layar utama. Di laci aplikasi, ada semua aplikasi yang udah diinstal, tapi di layar utama, kamu bisa taruh aplikasi yang sering dipake.

Cara mengembalikan Play Store ke layar utama, buka laci aplikasi. Biasanya bisa dengan ngusap ke atas di layar utama atau ngeklik ikon laci aplikasi.

Nah, cari ikon Google Play Store. Klik dan tahan, trus seret ke layar utama. Kalo gak bisa gitu, klik dan tahan aja, lalu pilih "Tambahkan ke layar utama."


2. CEK APLIKASI YANG DISEMBUNYIKAN

Alasan lain Play Store kamu ilang bisa aja karena kamu secara gak sengaja sembunyiin. Makanya kamu perlu ngecek aplikasi yang disembunyiin di HP kamu.

Biasanya, opsi buat sembunyiin aplikasi ada di pengaturan peluncur. Buka pengaturan peluncur di HP kamu, lalu cari opsi "Sembunyikan aplikasi." Klik itu. Nah, pilih aplikasi yang gak mau kamu sembunyiin. Buat kasus ini, pilih aja Google Play Store.


3. NGE-AKTIFIN DARI PENGATURAN

Seperti yang udah dijelasin tadi, Play Store gak bisa dihapus, cuma bisa dinonaktifin. Nah, pas itu terjadi, ikonnya ilang dari HP kamu, dan kamu gak bisa akses Play Store lagi. Jadi, kamu perlu nge-aktifin lagi.


Cara melakukannya, ikutin langkah-langkah ini: 

1: Buka Pengaturan di HP atau tablet kamu, lalu masuk ke Bagian Aplikasi & Pemberitahuan/Manajer Aplikasi/Aplikasi yang Udah Diinstal, tergantung nama yang dipake di HP kamu.

 

2: Di beberapa HP, kamu langsung bisa lihat semua aplikasi yang diinstal. Kalo gak bisa, cari opsi "Semua Aplikasi."

 3: Begitu muncul daftar aplikasi, cari Google Play Store. Klik itu.

Kalo gak nemu, klik ikon tiga titik di bagian atas, pilih "Tampilkan Aplikasi Sistem." Nah, cari Play Store.

 4: Kalo aplikasinya dinonaktifin, kamu bakal lihat opsi "Aktifin." Klik itu buat ngembaliin Play Store.


4. PASANG DARI BERKAS APK

Kalo kamu sebelumnya udah pasang Play Store pake berkas APK (di China atau tempat lain) terus kamu hapus, kamu perlu pasang lagi pake berkas APK.


Cara caranya, unduh berkas APK Google Play Store dari sumber yang tepercaya, kayak APKMirror.com. Setelah selesai, klik berkasnya buat mulai nginstal. Kamu bakal diminta izin keamanan buat nginstal aplikasi dari sumber yang gak dikenal. Kasih izin aja. Begitu berhasil terpasang, Play Store bakal muncul lagi di HP kamu. Metode ini juga bisa dipake buat ngupdate Play Store secara manual. Lihat caranya di sini.


URUS MASALAH PLAY STORE

Play Store butuh Layanan Google Play biar berjalan dengan lancar. Kalo Layanan Google Play tiba-tiba berhenti di HP kamu, lebih baik kamu perbarui secara manual. Kadang, Play Store juga bisa berhenti dan munculin error kaya unduhan tertunda, gak bisa download, dll. Lihat cara ngatasin error kayak gitu.


NGEMBALIKAN APLIKASI LAIN


Meskipun di pos ini kita fokus ngembaliin Google Play Store, metode-metode di atas juga bisa dipake buat aplikasi lain. Jadi, kalo suatu hari aplikasi lain tiba-tiba ilang dari HP kamu, bisa banget pake cara yang udah kita bahas tadi buat ngembaliinnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url