22 Dampak Negatif Kemajuan Teknologi

Dampak Negatif Kemajuan Teknologi - Teknologi sangat mempengaruhi kehidupan jaman sekarang, banyak hal yang menjadi mudah karena adanya kemajuan teknologi. Sayangnya selain dampak positif kemajuan teknologi, juga ada dampak negatif yang di timbulkan dari perkembangan teknologi sekarang.

Dampak Negatif Kemajuan Teknologi


Berikut adalah 22 dampak negatif kemajuan teknologi bagi kehidupan :

1.Pornografi

Kebebasan mengakses internet pada penguna smartphone, menyebabkan semakin mudahnya orang memperoleh konten dewasa, meskipun umur masih belum pantas mendapatkan konten konten tersebut.

2,.Kecanduan Main Game Online

Sebenarnya game di ciptakan untuk media hiburan menghilangkan rasa jenuh.Tapi karena saking asyiknya bermain game membuat orang lupa waktu, lebih parahnya lagi kalau yang main anak di bawah umur dan masih sekolah harusnya belajar,karena mengenal game menjadi tidak mau belajar hingga lupa waktu. 

3.Berkurangnya Bersosialisasi Dengan Masyarakat sekitar

Jaman sekarang banyak orang hanya berfokus dengan smartphone yang mereka miliki, hingga tidak peduli dengan orang sekitarnya, itulah dampak buruknya.kemajuan teknologi menjadikan orang dalam berkomunikasi lebih memilih menggunakan alat perantara dari pada berkomunikasi secara langsung.

4.Menggurangi minat belajar siswa

Kemajuan teknologi berdampak pada minat siswa,siswa jaman sekarang lebih suka mengotak atik handphone nya dari pada belajar.media sosial, game, konten video adalah beberapa hal yang menyebabkan siswa malas belajar.

5.Perubahan Sifat Orang

Kemajuan teknologi memudahkan masyarakat mengakses informasi dari penjuru negri ,begitu juga informasi mengenai kebudayaan dari negara lain, yang kemudian menjadi budaya anak muda di negara ini.meskipun budaya negara lain itu termasuk buruk untuk di ikuti.

6.Tempat Pamer Harta

Teknologi khususnya pada media sosial menjadi tempat terbaik untuk memamerkan kekayaan pada orang tertentu. walaupun sebagian orang pada kenyataannya tidak sesuai dengan yang telah di pamerkan.

7.Tidak terkendalinya penyebaran kata kata yang tidak pantas.

Kebebasan dalam memposting konten di media sosial, terkadang membuat orang lain iri hati sehingga dia berkomentar dengan kata kata yang tidak pantas walaupun hal ini sangat tidak baik untuk di lakukan.

8.Semakin Banyak Penipuan

Kemajuan teknologi membuat semakin banyaknya media orang jahat untuk melakukan kejahatan khususnya dalam bidang penipuan.Banyak penguna handpone mendapat hadiah mobil dengan membayar sekian juta terlebih dahulu untuk biaya pengiriman hadiah,itulah salah satu bentuk penipuan yang marak terjadi saat ini.

9.Dampak Radiasi Handphone.

Kemajuan teknologi membuat hampir semua orang baik anak kecil hingga orang tua sekalipun memiliki handphone pribadi. Tapi perlu di ingat bahwa handphone memiliki radiasi dari frekuensi sinyal dan cahaya layar.radiasi sangat tidak baik bagi kesehatan manusia,dalam jangka panjang. tapi terkadang penguna smartphone lupa istirahat dalam bermain handphone nya.mengakibatkan dampak radiasi semakin besar.

10.Kejahatan cyber crime

teknologi khususnya bidang informasi tidak terlepas dari kejahatan internet yang di sebabkan oleh ulah para hacker untuk mendapatkan keuntungan dari mencuri data data penting dan kemudian di jual atau di jadikan sebagai alat pemerasan.

11.Semakin mudahnya termakan berita hoax

Kemajuan teknologi membuat semakin mudahnya penyebaran informasi berita. berita yang di sebar jika berita itu benar itu tidak apa apa, tapi banyak juga berita hoax atau berita palsu yang di sebarkan dan burunya lagi masyarakat peraya atas kebenaran berita tersebut hingga merugikan orang lain yang menjadi topik berita.

12.Penyebaran Virus Malware

Malware adalah suatu software yang sengaja diciptakan untuk memasuki, menguasai, ataupun merusak suatu sistem dan jaringan komputer. Malware bisa menjadi pintu masuk untuk mengetahui data dan informasi pribadi seseorang dan juga melakukan penyerangan terhadap sistem komputer. Beberapa contoh malware yaitu adware, spyware, dan ransomware.

13.Penyebab munculnya gerakan terorisme dan radikalisme

Teknologi menyebabkan mudahnya sebagian orang mendapatkan informasi cara membuat sesuatu hal, tapi terkadang informasi tersebut di salah gunakan, contohnya informasi tutorial perakitan bom, sehingga para teroris mengetahui cara membuat bom sendiri.

14.Berkurangnya minat menggunakan Produk lokal

Perkembangan teknologi membuat masyarakat mudah mendapatkan barang barang dari luar negri melalui online store hanya demi gengsi. Sehingga mengakibatkan produk produk dalam negri sendiri tidak di lirik di pasaran lokal.

15.Menurunnya sifat empati orang

Kemajuan teknologi membuat sebagian orang sangat suka memamerkan sesuatu di media sosial, khususnya media pribadi orang tersebut. Contohnya ketika memberi sedekah, dia akan mendokumentasikan dan mengirimnya ke media sosial pribadinya yang bertujuan untuk mendapatkan perhatian atas hal yang dia lakukan, yaitu sedekah.

16.Penyebab anak membunuh orang tua sendiri

Dampak perkembangan teknologi dapat merubah seorang anak terobsesi ingin memiliki sesuatu tanpa memperdulikan keadaan perekonomian keluarganya,sampai banyak terjadi seorang anak membunuh orang tuanya sendiri lantaran tidak di belikan sesuatu barang yang di minta.

17.Penyebab Hutan Gundul

Teknologi mengakibatkan sekarang dalam menebang pohon menggunakan alat alat besar yang cara kerjannya akan membabat habis pohon yang di laluinya,besar kecil akan di tebang total. berbeda dengan jaman dulu menebang pohon secara manual dengan melakukan tebang pilih pohon yang besar saja.

18.Semakin Menipisnya Suberdaya Alam

Kemajuan teknologi juga membutuhkan bahan bakar dalam pengoperasianya sehingga semakin besarnya kebutuhan bahan bakar, padahal pembaruan bahan bahan bakar sangatlah lama hingga beribu ribu tahun lamanya.

19.Pencemaran lingkungan semakin parah

Dampak kemajuan teknologi membuat semakin banyaknya industri industri besar beroperasi, terkadang limbah yang di hasilkan dari industri tersebut di buang ke sungai yang mengakibatkan tingkat pencemaran sungai semakin tinggi.

20. Banyaknya Limbah Plastik

Kemajuan teknologi membuat pengunaann limbah plastik adalah kebutuhan sehari hari,pasalnya hampir semua kemasan terbuat dari plastik, dan ketika sudah tidak di gunakan terbuang di sebarang tempat. Padahal kita tahu limbah plastik sangat sulit untuk terusai di alam.

21.Pengangguran Semakin Banyak

Kemajuan teknologi membuat semua pekerjaan di kerjakan dengan mesin sehingga hanya membutuhkan sedikit pekerja hanya untuk mengoperasikan mesin tersebut.

22. Mudahnya Terjadi Pembantaian Masal Di Suatu Negara

Dampak Negatif Kemajuan Teknologi
Pessawat Tempur


Kemajuan teknologi menciptakan pembaruan pembaruan dalam bidang alat bertempur, sekarang teknologi pemusnah masal yang sudah di buat adalah bom atom.itu adalah bom paling berbahasa di jaman sekarang,sebab mampu memusnahkan manusia di suatu wilayah dalam sekali ledakan.

Itulah 22 dampak negatif kemajuan teknologi yang sekarang sudah terjadi, oleh karena itu edukasi tentang kemajuan teknologi sangat penting untuk masyarakat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian dan semoga bermanfaat, terimakasih.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url