Kartu Sim Tidak Terbaca Di Xiaomi Penyebab Dan Solusinya

Kartu sim tidak terbaca di xiaomi - Apakah saat ini kartu sim hp kalian tiba tiba tidak terbaca, pasti hal tersebut sangatlah menyebalkan , apa lagi jika sedang dalam keadaan mendesak harus mengubungi seseorang.

Perlu kita ketahui secangih apapun alat eletronik termasuk ponsel pasti akan menemui keadaan dimana terjadi gangguan.

Apa lagi jika hal itu terjadi pada smartphone yang tidak mau membaca simcard, yang kita tahu smartphone tersebut tidak bisa di gunakan tanpa sim card di dalamnya. Yah mungkin bisa digunakan jika kita memiliki 2 perangkat untuk saling menghubungkan sinyal internet.

Ada beberapa penyebab hp smartphone kalian khususnya xiaomi tidak bisa mendikteksi kartu sim.

Kartu Sim Tidak Terbaca Di Xiaomi


Berikut Penyebab kartu sim tidak terbaca di xiaomi  :

Umur kartu sim kalian sudah terlalu lama.

Jika sim card kalian sudah berumur cukup lama 4 - 5 tahun ,pasti kemampuan sim tersebut juga melemah, material yang berada di kartu sim mulai mengalami degradasi, dan juga banyak kotoran di permukaan kuningan kartu. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab sim card kalian tidak terbaca.


Kuningan sim Card Rusak.

Apakah kalian sering memindah atau mengonta ganti kartu sim. Hal ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan kartu sim, Pasalnya kartu sim jika sering di keluarkan dari slot sim akan mengalami gesekan pada kuningannya. Jika hal ini terus terjadi, kuningan pada kartu sim bisa tergores dan lama kelamaan akan rusak. maka dari itu mulai sekarang jangan sering mengantikartu sim itu bisa merusak sim.


Slot kartu sim rusak

Hal ini terjadi juga karena sering menggonta ganti kartu sim atau juga karena smartphone kalian sudah lama umurnya. usahakan jangan terlalu sering menganti kartu agar slot kartu tahan lama.


Kartu sim Overheat

Apakah kalian penguna smartphone yang sering memaksakan kinerja hp kalian, seperti bermain game atau menonton youtube berjam jam. Hal ini tidak baik untuk kalian dan juga smartphone kalia, Sebab jika smartphone menggalami panas berlebih itu juga akan berdampak pada semua komponen yang ada di dalam smartphone, termasuk kartu sim. Panas yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada kuningan kartu. Jadi mulai sekarang gunakan smartphone secukupnya, jangan sampai smartphone sampai panas mesinnya.



Cara Mengatasi kartu sim xiaomi tidak terbaca 


1.Membersihkan Kartu Sim

Hal ini adalah langkah awal yang bisa kalian coba, mungkin saja permukaan kuningan kartu sim kotor, yang menggangu kinerja sim card.

Kalian bisa membersihkan kuningan kartu si m menggunakan penghapus lembut. Dengan cara di gosokan pada permukaan kuningan.


2. Mengatur ulang jaringan

Cobalah mengatur ulang jaringan pada smartphone kalian dengan cara sebagai berikut

  1. Buka Settings / Pengaturan
  2. Klik Network & Internet / Kartu sim & jaringan
  3. Klik Mobile Network / Pilih kartu internet
  4. klik Access Point Names / Nama titik akses

Di sini kalian bisa mencoba menggunakan apn apn yang bisa kalian cari di google sesuai provider kalian.


3. Mencoba dengan sim Card lain.

Coba lakukan pergantian sim untuk mengetahui asal masalah nya. Jika sim lain terbaca di hpmu maka dapat di pastikan penyebabnya ada pada kartu sim mu. Dan begitu juga sebaliknya, jika hpmu masih tidak bisa membaca kartu sim yang lain, maka kerusakan terjadi pada slot sim hp mu.


4. Lakukan Pergantian Slot Sim

Jika ternyata kerusakan disebabkan slot sim hpmu, silahkan bawa ke tukang servis hp yang terpercaya untuk menggantik slot sim dengan yang baru.


5. Pergi ke Gerai Provider Kartu

Jika kerusakan terjadi pada kartu sim mu, dan menggunakan cara pertama tetap tidak bisa, sebaiknya membawa kartu sim ke gerai provider untuk meminta pembaruan wijud fisik kartu sim kalian.


Itulah cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di xiaomi, Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kalian serta bemanfaat, terimakasih.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url