Keahlian Komputer: Definisi dan Contoh

Keahlian Komputer: Definisi dan Contoh


Dalam dunia kerja saat ini, hampir setiap pekerjaan membutuhkan pemahaman dasar tentang komputer, dan banyak pekerjaan mengharuskan karyawan memiliki kemampuan komputer tingkat menengah hingga lanjutan. Hal ini dapat mencakup pengetahuan tentang perangkat lunak, aplikasi, atau perangkat khusus. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan dan performa Anda di tempat kerja, mempelajari lebih lanjut tentang keterampilan komputer dapat bermanfaat.


Dalam artikel ini, kita akan membahas keterampilan komputer dan bagaimana cara menyebutkannya di resume Anda.

Keahlian komputer


Apa itu keahlian komputer?

Keahlian komputer terbagi menjadi dua kategori: perangkat keras dan perangkat lunak. Keterampilan perangkat keras memungkinkan Anda secara fisik mengoperasikan komputer. Keterampilan perangkat keras bisa se-simple tahu cara menghidupkan dan mematikan perangkat. Namun, bisa juga melibatkan tugas yang lebih kompleks seperti konfigurasi jaringan, pemeliharaan sistem, mengatur driver, dan menghubungkan perangkat. Untuk tugas-tugas kompleks ini, banyak pengusaha mempekerjakan teknisi terlatih dengan kemampuan komputer tingkat lanjutan.


Keterampilan perangkat lunak membantu Anda menggunakan program dan aplikasi komputer dengan efisien. Ada beberapa keterampilan perangkat lunak yang mungkin dianggap sebagai prasyarat pekerjaan. Beberapa keterampilan perangkat lunak mungkin tidak diikutsertakan dalam postingan pekerjaan dengan asumsi bahwa semua pelamar memiliki pengetahuan dasar tentang program pemrosesan kata, seperti Microsoft Word.


Jenis-jenis keterampilan komputer


Beberapa keterampilan komputer umum meliputi:


1. Analitika

2. Media sosial

3. Desain grafis

4. Microsoft Office

5. Spreadsheet

6. Komunikasi email

7. Otomatisasi pemasaran

8. Visualisasi data


Jika Anda seorang programmer komputer, Anda mungkin menguasai berbagai bahasa pemrograman seperti Python, C++, Java, atau HTML, antara lain. Mereka yang melamar untuk posisi dalam bantuan administratif mungkin menggunakan Microsoft Office Suite, aplikasi Google, dan perangkat lunak akuntansi. Untuk memahami lebih lanjut tentang keterampilan perangkat lunak yang diharapkan oleh pengusaha di industri Anda, telusuri keterampilan perangkat lunak yang paling umum digunakan untuk karier Anda. Teliti deskripsi pekerjaan dan catat persyaratan yang tercantum di sana.


Mengapa keterampilan komputer penting?


Sebagian besar pekerjaan sekarang memerlukan penggunaan komputer, perangkat seluler, atau aplikasi perangkat lunak dalam beberapa kapasitas. Beberapa pengusaha mengharuskan pengetahuan atau pengalaman sebelumnya dengan aplikasi tertentu, sementara yang lain menawarkan pelatihan di tempat kerja. Jika Anda memiliki pengetahuan kerja tentang perangkat lunak yang umum digunakan, Anda mungkin lebih mudah belajar cara menggunakan program-program baru.


Baik Anda bekerja di layanan pelanggan, manufaktur, layanan makanan, atau teknologi, pengusaha menggunakan aplikasi komputer untuk mengotomatisasi tugas-tugas tertentu, menyederhanakan komunikasi, dan banyak lagi. Kandidat dengan keterampilan komputer sangat diminati karena peningkatan teknologi di tempat kerja. Anda dapat menampilkan keterampilan komputer Anda dengan mengidentifikasi persyaratan terkait komputer dalam postingan pekerjaan dan menjelaskan di resume Anda bagaimana Anda memenuhi atau melebihi persyaratan tersebut dengan pengalaman masa lalu.


Contoh-contoh keterampilan komputer


Jenis-jenis keterampilan komputer yang diharapkan oleh pengusaha bervariasi tergantung pada karier atau industri Anda. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan sebagai manajer kantor, Anda mungkin akan menggunakan pengetahuan dasar tentang program pemrosesan kata, spreadsheet, platform email, dan alat komunikasi lainnya.


Namun, ada banyak keterampilan komputer lainnya yang umum digunakan di seluruh industri yang penting bagi kebanyakan pelamar pekerjaan untuk diketahui. Beberapa keterampilan komputer paling penting yang perlu dipelajari meliputi hal berikut:


1. Sistem operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mendukung dan mengelola fungsi dasar komputer. Meskipun ada banyak sistem operasi berbeda, kebanyakan pengusaha menggunakan Windows atau MacOS.


Jika Anda memiliki lebih banyak pengalaman dalam salah satu dari keduanya, mungkin berguna untuk menghabiskan waktu sedikit untuk mempelajari dasar-dasar sistem operasi yang lain, seperti penanganan masukan atau keluaran dan pengelolaan file. Anda sering dapat menemukan kedua sistem tersebut di komputer di perpustakaan lokal Anda, meskipun Anda juga mungkin dapat belajar di tempat kerja.


2. Suite perkantoran

Pengetahuan dasar tentang suite perangkat lunak produktivitas dapat menambah nilai pada resume Anda. Suite perangkat lunak perkantoran terdiri dari berbagai alat kolaborasi dan produktivitas, seperti Microsoft Word, Outlook, dan Excel. Mengetahui cara menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda melakukan tugas-tugas di tempat kerja.


Pemroses kata, seperti Microsoft Word atau Google Docs, termasuk dalam alat produktivitas yang paling umum digunakan. Pengusaha sering mengasumsikan bahwa sebagian besar pelamar tahu cara menggunakan program pemrosesan kata, sehingga program-program ini mungkin tidak tercantum dalam postingan pekerjaan. Jika Anda merasa tidak akrab dengan cara menggunakan pemroses kata, mungkin berguna untuk menghabiskan waktu untuk meneliti keterampilan dasar program-program ini.


Anda mungkin juga ingin berlatih menavigasi fitur-fitur paling umum dari aplikasi-aplikasi ini. Google Docs adalah pemroses kata gratis yang dapat diakses secara online untuk latihan.


3. Perangkat lunak presentasi

Keterampilan presentasi adalah keterampilan lunak dan komputer yang berharga. Perangkat lunak presentasi penting untuk memiliki pengetahuan dasarnya dalam banyak karier, baik untuk mengorganisir maupun menyajikan ide di perusahaan, baik secara internal maupun eksternal. Ada beberapa program yang dapat Anda gunakan untuk membuat presentasi, termasuk PowerPoint, yang merupakan perangkat lunak yang paling banyak digunakan di berbagai industri.


4. Spreadsheet

Spreadsheet adalah aplikasi yang digunakan untuk mengorganisir data dan informasi lain ke dalam tabel serta melakukan perhitungan angka dengan cepat. Spreadsheet juga dapat digunakan untuk analisis data yang lebih mendalam. Beberapa pengusaha mungkin mengharapkan Anda memiliki pengetahuan dasar tentang perangkat lunak spreadsheet. Jika Anda melamar pekerjaan yang lebih teknis, Anda mungkin perlu tahu cara menggunakan fitur-fitur spreadsheet yang lebih canggih.


Lihat deskripsi pekerjaan untuk memahami apakah pengusaha mencari keterampilan ini, dan jika iya, sejauh mana tingkat keterampilan yang mereka butuhkan dalam memanipulasi data di spreadsheet. Jika tampaknya keterampilan Anda belum cukup mahir, luangkan waktu untuk berlatih. Ada banyak kelas online dan tatap muka yang bisa Anda pertimbangkan.


5. Alat komunikasi dan kolaborasi

Banyak bisnis menggunakan alat komunikasi dan kolaborasi untuk membantu produktivitas. Jika relevan dengan posisi yang Anda lamar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencantumkan alat-alat relevan yang Anda kuasai di resume Anda. Teliti deskripsi pekerjaan untuk memahami apakah Anda seharusnya mencantumkan informasi ini. Alat seperti Slack dan Skype populer di kalangan bisnis di mana para pekerja sering bekerja dari jarak jauh.


6. Perangkat lunak akuntansi

Keterampilan dalam perangkat lunak akuntansi penting jika Anda melamar untuk posisi di sektor keuangan atau bisnis. Jika Anda melamar untuk bekerja di bisnis kecil, keterampilan perangkat lunak akuntansi dapat berguna jika Anda mengemban beberapa peran dalam bisnis tersebut. Ini mungkin termasuk membantu mengelola akun, pembayaran, atau data keuangan lainnya. Beberapa program juga menawarkan pelaporan keuangan, kemampuan faktur, dan layanan kepatuhan pajak.


7. Media sosial

Keterampilan media sosial saat ini sangat diinginkan karena perusahaan ingin meningkatkan dan mengelola kehadiran online mereka. Keterampilan ini umumnya lebih diinginkan untuk posisi di bidang hubungan masyarakat, pemasaran, dan periklanan. Pengetahuan tentang perangkat lunak media sosial tertentu seperti Hootsuite berguna untuk posisi-posisi ini. Jika Anda mencari karier di media sosial, Anda mungkin dapat mengambil proyek-proyek kecil di perusahaan Anda saat ini untuk menambahkan keterampilan ini ke resume Anda.


8. Visualisasi data

Selain pengetahuan dasar spreadsheet, memiliki keterampilan visualisasi data juga dapat berguna dalam peran yang mengandalkan analisis data. Banyak alat visualisasi data terintegrasi ke dalam program spreadsheet seperti Excel, sementara beberapa lainnya, seperti Tableau atau Datawrapper, memungkinkan Anda mengambil data dari spreadsheet untuk visualisasi dan analisis yang lebih canggih. Visualisasi data semakin populer seiring dengan pentingnya analisis data bagi bisnis, menjadikannya keterampilan komputer yang baik untuk dipelajari.


9. Pemroses kata

Meskipun beberapa pemroses kata adalah bagian dari suite khusus, seperti Microsoft Office atau Google Docs, ada juga pemroses kata yang dapat Anda gunakan di luar suite ini, seperti Scrivener, EverNote, dan Scribus.


10. Perangkat lunak desain

Mengetahui cara menggunakan perangkat lunak desain mungkin tidak diperlukan untuk semua pekerjaan di bidang teknologi, tetapi bisa bermanfaat tergantung pada posisi Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin mempelajari cara menggunakan Adobe Photoshop atau Premiere Pro, atau aplikasi desain grafis sederhana seperti Canva.


Keterampilan komputer yang Anda miliki akan sangat bergantung pada jalur karier dan industri yang Anda pilih. Dengan memahami keterampilan yang paling penting dan relevan untuk pekerjaan yang Anda inginkan, Anda dapat lebih siap untuk bersaing di pasar tenaga kerja yang semakin berkembang ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url