20 Tips CEO Blogger Untuk Membangun Blog


Tips CEO Blogger - 20 Tips CEO blogger untuk pemula ini, diharapkan bisa membantu Kalian meningkatkan peringkat web Kalian pada mesin pencari situs.


Berikut 20 Tips SEO Blogger :

1. Membeli Nama Domain Yang Mudah Diingat

Memilih nama domain yang tepat adalah salah satu dasar SEO yang paling penting. Kata kunci pencocokan persis dalam nama domain dulunya adalah salah satu faktor peringkat terpenting. Sebelum Google merilis pembaruan algoritma yang menurunkan peringkat domain pencocokan persis berkualitas rendah, Kalian harus mendapatkan domain dengan kata kunci "SEO" di dalamnya jika Kalian ingin blog Kalian ditemukan untuk kata kunci "SEO".

Meskipun masih mungkin untuk menentukan peringkat dengan kecocokan yang tepat, itu tidak meningkatkan peluang Kalian. Masalahnya adalah bahwa banyak domain pencocokan persis dikaitkan dengan spam, yang dapat diartikan sebagai bendera merah bagi Google.

Mendapatkan nama domain dengan nama Kalian sendiri mungkin masuk akal untuk personal branding, terutama jika milik Kalian adalah blog pribadi. Jika tidak, Kalian harus mendapatkan nama yang mudah diingat atau menjadi kreatif dan membuat kata Kalian sendiri.

 

tips ceo blogger

2. Instal Tema Yang Responsif

Waktu yang di habiskan dengan media digital seluler sekarang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan desktop. Itu berarti sebagian besar pengunjung blog Kalian sekarang membaca blog Kalian di perangkat seluler mereka.

Penting untuk memastikan bahwa blog Kalian mudah diakses dan dibaca di semua perangkat seluler. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan tema responsif yang menyesuaikan desain blog Kalian dengan perangkat tempatnya sedang dilihat.

Di era mobile-first, ketika lebih dari 90% dari semua lalu lintas web adalah lalu lintas seluler dan pengalaman pengguna adalah yang terpenting, sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak membuat perubahan ini.

Kalian dapat menggunakan tema yang memuat cepat dan responsif, untuk membuat blog Kalian dapat diakses oleh pengguna di semua perangkat. Ini juga memiliki salah satu skor Core Web Vitals terbaik

 

3. Optimalkan Permalink Halaman Artikel Kalian

Jika frasa kunci utama Kalian adalah "SEO blog" pastikan bahwa kata blog, atau SEO, atau keduanya, muncul di header blog Kalian (tag H1 atau H2) serta judul setiap posting Kalian.

Sebagian besar perangkat lunak blogging akan mengambil kata kunci dalam judul posting Kalian dan secara otomatis memasukkannya ke dalam nama file permalink yang dibuatnya.

Misalnya, jika Kalian memiliki blog di Blogger dan memberi judul posting Kalian "tips diet tercepat tapi boong", Blogger akan secara otomatis membuat halaman dengan posting Kalian dan menamai file "tips-diet-tercepat-tapi-boong.html" atau yang serupa.

 BACA JUGA:

search twitter advanced fitur baru twitter

Cara membuat subdomain tanpa hosting di niagahoster

Manfaat subdomain sehingga perlu kita buat

4. Tingkatkan Kecepatan Loading Masuk Halaman Kalian

Waktu Buka Halaman atau Kecepatan Halaman mengacu pada jumlah waktu yang dibutuhkan halaman Kalian untuk dimuat di browser pembaca Kalian. Sejumlah faktor, termasuk host web dan desain blog Kalian, berkontribusi pada waktu buka halaman.

meningkatkan kecepatan loading masuk blog


Waktu buka halaman juga memengaruhi rasio konversi Kalian, jadi meningkatkan waktu buka adalah salah satu cara untuk meningkatkan konversi Kalian, terutama jika kecepatan halaman yang lambat mengganggu pengalaman pengguna blog Kalian, karena pengunjung yang mengakses internet dari perangkat seluler sangat tidak menyukai situs yang memuat lambat.

Banyak pakar SEO percaya bahwa kecepatan halaman atau waktu buka halaman dianggap sebagai sinyal peringkat. Tetapi apakah kecepatan pemuatan halaman benar-benar memengaruhi peringkat Google?

Kalian dapat memeriksa waktu buka halaman Kalian dengan pemeriksa kecepatan halaman yang ada di GSC. Ini akan menguji halaman Kalian di berbagai negara, browser, dan kecepatan koneksi, dan menawarkan tips untuk pengoptimalan. Karena Google sangat mementingkan kecepatan pemuatan halaman dan pengalaman pengguna, waktu buka halaman Kalian kemungkinan akan memengaruhi peringkat pencarian Kalian.

 

5. Memperbaiki Skor Data Web Inti Kalian

Core Web Vitals adalah serangkaian faktor spesifik yang dianggap penting oleh Google dalam pengalaman pengguna halaman web secara keseluruhan. Mereka terdiri dari tiga kecepatan halaman tertentu dan pengukuran interaksi pengguna:

  • Cat contentful terbesar
  • Penundaan input pertama
  • Pergeseran tata letak kumulatif

Singkatnya, Core Web Vitals (CWV) adalah bagian dari skor Pengalaman Halaman Google - pada dasarnya, cara Google untuk mengukur keseluruhan UX atau pengalaman pengguna halaman Kalian.

 

6. Membuat Peta Situs Google (sitemap)

Siapkan blog Kalian sehingga bilah navigasi samping ada di semua halaman. Pastikan arsip Kalian dan posting sebelumnya tidak lebih dari dua klik dari berKalian Kalian sehingga mudah di-rayapi mesin .

Kalian dapat memastikan bahwa semua postingan dan halaman blog Kalian di-rayapi dengan membuat Peta Situs Google dan mengirimkan peta situs Kalian ke Google dari Google Search Console.

 

7. Menambahkan Markup Skema Ke Blog Kalian

Markup data terstruktur adalah format stKalianr untuk memberikan informasi tentang halaman dan mengklasifikasikan konten halaman; misalnya, pada halaman resep, apa bahannya, waktu dan suhu memasak, kalori, dan sebagainya.

Juga dikenal sebagai markup Skema, ini membantu Google dan mesin pencari lainnya memahami dan memproses konten Kalian dengan Kalianl. Menambahkan data terstruktur ke posting dan halaman Kalian membantu mesin telusur memahami konten halaman.

 

8. Ubah File Robot.txt Di Pengaturan Blog Kalian

Menurut Google, file robots.txt berada di root situs Kalian dan terdiri dari satu atau beberapa aturan yang memblokir atau mengizinkan akses crawler tertentu ke jalur file tertentu di situs web tersebut.

 

9. Pelajari Cara Menemukan Dan Menggunakan Kata Kunci Untuk SEO

Jika Kalian ingin terdaftar untuk kata kunci yang tinggi, gunakan secara alami di badan posting Kalian dan juga judul blog Kalian.

Kalian dapat menghasilkan seluruh strategi konten Kalian dengan lusinan topik dan kata kunci yang relevan dalam hitungan menit dengan Perencana Konten, alat penelitian kata kunci  yang membantu Kalian mengatur ribuan istilah pencarian ke dalam grup yang dapat Kalian targetkan dengan mudah dengan satu bagian konten.

Tulis posting blog Kalian untuk pembaca Kalian terlebih dahulu dan kemudian tambahkan kata kunci di tempat yang sesuai.

Kepadatan kata kunci maksimum 2%, jumlah kata minimum 300 kata, dan juga menyatakan bahwa:

Kata kunci Kalian harus digunakan hanya sekali di tempat-tempat berikut di setiap halaman dalam situs web Kalian: judul halaman, subjudul, paragraf pertama, dan kesimpulan tubuh.

 

Namun, konten yang ditulis untuk SEO juga dapat menyertakan kata kunci di bagian berikut dari artikel Kalian:

 

  1. Menambahkan kata kunci dalam deskripsi Meta
  2. Tambahkan kata kunci dan sinonim di seluruh isi konten
  3. Menggunakan kata kunci atau frasa utama di URL
  4. Tambahkan kata kunci dalam nama Gambar dan teks Alt gambar
  5. Tambahkan kata kunci dalam judul gambar pin Pinterest, teks Alt, dan deskripsi Pin

Jangan lupa juga untuk menambahkan sinonim dan kata kunci terkait dalam artikel Kalian, tetapi menahan diri untuk tidak terlalu mengoptimalkan artikel atau isian kata kunci Kalian atau posting blog Kalian akan berakhir terdengar tidak wajar dan berisi spam kepada pembaca.

 

10. Buat Konten 'Epik', Berdurasi Panjang

Jika Kalian ingin konten Kalian menonjol dari banyaknya konten online dan menarik jenis berbagi dan tautan yang meningkatkan peringkat pencarian, Kalian harus membuat konten epik dan mempelajari jenis konten apa yang akan berfungsi di tahun-tahun mendatang.

berikan konten berkualitas


Konten ideal untuk konten blog adalah 1.447 kata. Namun, artikel lebih dari 2,000 kata mendapatkan bagian terbanyak dan sebuah studi oleh SERPIQ baru-baru ini menemukan bahwa hasil pertama di SERP biasanya memiliki 2,416 kata, sedangkan yang kesepuluh memiliki 2,032. Jumlah kata rata-rata dari hasil 10 teratas Google adalah 1,447 kata.

Ketika datang untuk memperoleh backlink, konten bentuk panjang secara signifikan mengungguli posting blog pendek dan artikel, tetapi meskipun dapat membantu Kalian memecahkan halaman pertama, itu tidak akan membantu Kalian peringkat lebih tinggi setelah Kalian sampai di sana.

Sebagian besar pakar SEO merekomendasikan untuk membuat konten mendalam dalam bentuk panjang untuk menarik lebih banyak berbagi dan tautan. Pastikan konten Kalian, di atas segalanya, berguna, dan menjawab pertanyaan yang diinginkan audiens Kalian jawabannya.

 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

  • Sebagian besar konten yang menempati peringkat 10 besar Google memiliki panjang lebih dari 2000 kata.
  • Sebuah studi BuzzSumo dan Moz menemukan bahwa "penelitian mendalam atau konten pembentuk opini" menarik lebih banyak berbagi dan tautan.
  • Sweet spot konten untuk mencapai tautan dan berbagi secara online adalah jurnalisme otoritatif dan membentuk opini tentang topik saat ini atau konten yang diteliti dengan baik dan dibuktikan.

 

11. Bangun Backlink Dari Blog Atau Situs Web Lain

Cara terbaik untuk mendapatkan backlink dari blog lain dan dari situs media sosial adalah dengan menulis posting yang menarik dan layak dibagikan. Namun, penjangkauan blogger dan blogging tamu juga merupakan cara yang baik untuk membangun tautan.

Dari peluang posting tamu hingga hadiah aktif, dengan metode pencarian yang dipilih Kalian akan mendapatkan saran tautan yang paling sesuai dengan kebutuhan Kalian saat ini.

Meskipun kebanyakan dari mereka sekarang mengenakan biaya untuk tautan do-follow, ini adalah cara yang baik untuk memulai dengan pembuatan tautan karena profil backlink yang sehat memiliki campuran tautan do-follow dan no-follow.


Komentar di blog lain

Kalian juga bisa mendapatkan backlink ke blog Kalian dengan memposting komentar yang sah sebagai tanggapan atas posting di blog lain.

Tentu saja, tag "no follow" memastikan bahwa Kalian akan mendapatkan sedikit trafik dari backlink tersebut, kecuali untuk membuat blog Kalian dilihat oleh komentator lain.

Namun, Kalian bisa mendapatkan jumlah lalu lintas rujukan yang layak dari tautan ini, dan diperhatikan oleh blogger lain, terutama dengan komentar yang ditulis dengan baik.

 

12. Tingkatkan Backling Internal Kalian

Backling internal adalah link tautan yang Kalian buat di situs web Kalian yang mengarah ke halaman lain yang relevan di situs Kalian. Mereka adalah bagian integral dari SEO yang sukses. Mereka juga membantu Kalian meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di blog Kalian yang memberi tahu Google bahwa blog Kalian berguna bagi pembaca Kalian.

Sebelum Kalian meluncurkan kampanye akuisisi link eksternal untuk halaman baru, telusuri halaman lain yang relevan di situs Kalian dan buat beberapa link internal untuk memberikan dorongan awal pada halaman Kalian.

Kalian dapat menurunkan rasio pentalan Kalian (faktor peringkat penting lainnya) dan meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di situs Kalian dengan tautan internal ke posting blog sebelumnya.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menautkan secara manual ke posting ini menggunakan teks jangkar yang Kalian inginkan untuk diberi peringkat.

Tautan dalam konten blog Kalian dihitung sebagai backlink atau suara oleh Google. Apa yang mereka tunjuk untuk memberi tahu Google apa yang menurut Kalian adalah halaman terpenting di situs Kalian.

Tautan internal ini dapat bertindak sebagai sinyal yang kuat dan Kalian sering kali dapat memberi peringkat di halaman pertama Google hanya dengan mengoptimalkan struktur tautan halaman internal Kalian sendiri.

 

13. Perbarui Rutin Dan konsisten Artikel

Tidak ada konten yang lebih baik untuk mesin pencari selain konten segar. Semakin banyak posting blog yang diterbitkan Perusahaan per bulan, semakin banyak lalu lintas yang mereka lihat di situs web mereka.

Mereka juga menemukan bahwa perusahaan yang menerbitkan 16+ posting blog per bulan mendapat lalu lintas hampir 3.5X lebih banyak daripada perusahaan yang menerbitkan antara 0 hingga 4 posting bulanan.

Kalian harus menguji toleransi audiens Kalian untuk menerbitkan lebih sering. Jika tingkat berhenti berlangganan meningkat ketika Kalian menerbitkan lebih sering, Kalian mungkin ingin menurunkan skalanya dan menemukan media bahagia yang tepat untuk keduanya, Kalian dan pembaca Kalian.

Dalam dunia blogging, konsistensi penerbitan lebih penting daripada frekuensi. Ketika pembaca Kalian tahu bahwa Kalian akan memposting posting blog baru setiap minggu atau lebih, mereka lebih cenderung berlangganan dan menonton pembaruan

Index ulang adalah cara mudah bagi blogger untuk langsung memberi tahu mesin pencari tentang pembaruan konten terbaru di situs web mereka. Ini ping mesin pencari bahwa URL dan kontennya telah ditambahkan, diperbarui, atau dihapus, memungkinkan mereka untuk dengan cepat mencerminkan perubahan ini dalam hasil pencarian mereka.

Tanpa Index ulang, diperlukan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu bagi mesin pencari untuk mengetahui bahwa konten telah berubah. Dengan IndexNow, mesin telusur segera mengetahui "URL yang telah berubah, membantu mereka memprioritaskan crawling untuk URL ini dan dengan demikian membatasi crawling organik untuk menemukan konten baru."

 

 

14. Perbarui konten Yang Sudah Lama

Konten Lama dapat menyebabkan blog Kalian berperingkat lebih rendah di mesin pencari dan meninggalkan kesan buruk kepada pengunjung Kalian tentang situs web Kalian.

Oleh karena itulah update konten lama adalah hal yang harus di lakukan para blogger.

 

 

15. Bangun Komunitas Media Sosial Kalian

Share ke  medis sosial itu penting karena membantu postingan blog Kalian ditemukan, jadi mendapatkan lebih banyak trafik di jaringan media sosial bukanlah hal yang buruk untuk upaya SEO Kalian.

Bangunlah komunitas di tiga jaringan besar - Facebook, Twitter, dan LinkedIn - jaringan terbaik untuk berbagi konten blog.

Jika Kalian memublikasikan konten dalam berbagai format (gambar, PPT, infografis, video, PDF), Kalian dapat memperluas daftar jaringan untuk menyertakan Pinterest, Slideshare, YouTube, Vine, dan Visual.ly.

 

16. Membuat Email Notifikasi Update Artikel

Membuat Email Notifikasi tidak sepenuhnya merupakan tip SEO, tetapi memastikan bahwa Kalian mendapatkan lalu lintas berulang ke blog Kalian dengan menangkap email dan mengirimkan pembaruan blog rutin kepada pelanggan Kalian adalah hal yang tidak merugikan.

 

17. Jangan Lupa Backlink Pinterest Dan YouTube

Pinterest bukanlah jejaring sosial. Ini adalah mesin pencari visual yang juga membutuhkan SEO untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara SEO Google dan SEO Pinterest dan Kalian perlu memahami perbedaan ini untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Kalian di Google dan Pinterest.

 

Google SEO vs Pinterest SEO

Blogger yang merupakan pengadopsi awal Pinterest mulai mendapatkan ratusan ribu pengunjung dari mesin pencari ini. Saat ini, Pinterest telah memperkenalkan format Pin seperti Pin Ide, yang dapat membantu Kalian meningkatkan pencitraan merek tetapi tidak mengirim lalu lintas ke situs web Kalian.

Namun, Pinterest masih bisa menjadi sumber lalu lintas yang luar biasa bagi blogger,

YouTube juga merupakan mesin pencari dan dengan video menjadi bentuk konten online pilihan #1, semua blogger sekarang perlu memiliki saluran YouTube, dan mungkin, juga podcast

Lalu lintas pencarian YouTube adalah lalu lintas berkualitas tinggi, dan jauh lebih mudah untuk menentukan peringkat dan menghasilkan tampilan tersebut daripada di pencarian Google tradisional. Yang terbaik dari semuanya, Kalian dapat mendapatkan peringkat yang baik di YouTube dalam hitungan hari bahkan berjam jam.

 

18. Bangun Merek Yang Kuat

Informasi yang salah dan berita palsu adalah momok internet. Dalam upaya untuk membendung penyebarannya, situs media sosial seperti Facebook menyewa pemeriksa fakta independen untuk membantu mengidentifikasi dan meninjau informasi palsu.



Pedoman E-A-T Google yang memprioritaskan Keahlian, Kewibawaan, dan Kepercayaan terutama untuk konten yang memengaruhi Uang Kalian atau Hidup Kalian (YMYL) juga merupakan cara untuk membendung aliran informasi yang salah secara online.

Tren ini adalah bukti fakta bahwa etika dan stKalianr jurnalisme jadul tidak hanya berlaku untuk jurnalisme cetak. Etika di media juga berlaku bagi penulis yang ingin menjadi blogger yang berwibawa.

Jadi, jika Kalian ingin melakukannya dengan baik dalam jangka panjang, Kalian harus membangun merek.

 

 

19. Lakukan  Audit SEO Secara Teratur

Situs web lama dan besar cenderung mengumpulkan tautan yang rusak dan 404 halaman. Tautan mati atau rusak dapat merusak peringkat dan kemampuan pencarian situs web Kalian sebagai tautan internal dan eksternal terkait 404 secara negatif pada statistik indeksabilitas situs web Kalian.

Pemeriksa Tautan Free Broken (404) Sitechecker adalah alat khusus yang memeriksa situs web untuk membantu Kalian mengidentifikasi tautan yang rusak tersebut sehingga Kalian dapat mengatasi dan memperbaikinya.

Untuk membersihkan tautan yang rusak dan menjaga kebersihan situs, Kalian juga dapat menyewa freelancer SEO untuk melakukan audit SEO, atau menggunakan alat seperti Screaming Frog untuk menjalankan audit situs dan menemukan 404 kesalahan, tautan mati, dan tautan rusak.

 

20.Jangan Gonta Ganti Alamat Domain Kalian

Setelah Kalian membuat blog Kalian, tetap berpegang pada domain yang sama selama Kalian terus menerbitkan. Kalian bisa kehilangan banyak lalu lintas organik Kalian, pembaca Kalian, dan semua daftar mesin pencari Kalian jika Kalian memutuskan untuk memindahkan atau mengubah domain dan URL Kalian.

 

 

Penutup,

 

Saya harap Kalian telah Memahami tips dan trik SEO ini bermanfaat. Ingatlah bahwa algoritma mesin pencari itu cair dan selalu berubah, sehingga taktik yang berhasil di masa lalu mungkin tidak lagi efektif dalam waktu dekat.

Namun, membuat konten berkualitas tinggi akan selalu menjadi salah satu aspek terpenting dalam mengoptimalkan situs web Kalian untuk pencarian. Dengan menggunakan tips SEO blogger yang tercantum di atas, Kalian dapat bekerja untuk meningkatkan SEO, peringkat, dan lalu lintas mesin pencari Kalian.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url